12 Kloter Haji Aceh Terbentuk

Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh sudah membentuk 12 kelompok terbang (kloter)

12 Kloter Haji Aceh Terbentuk
IST

* Kloter 1 Masuk Asrama 23 Juli

BANDA ACEH - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh sudah membentuk 12 kelompok terbang (kloter) haji embarkasi Aceh tahun 1440 Hijriah/2019 Masehi.

Pada musim haji tahun ini, Calon Jamaah Haji (CJH) Aceh masuk dalam keberangkatan gelombang II, yaitu dari Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar langsung ke Bandara King Abdul Aziz,Jeddah.

Kakanwil Kemenag Aceh, Drs HM Daud Pakeh dalam siaran pers yang diterima Serambi, Kamis (20/6), menyampaikan CJH kloter 1 yang berasal dari Pidie Jaya, Aceh Utara, Pidie, dan Sabang akan masuk ke Asrama Haji Embarkasi Aceh pada 23 Juli 2019. Selanjutnya diikuti oleh kloter berikutnya.

“Semua CJH Aceh selama di Mekkah di tempatkan di wilayah Syisyah. Tahun ini jumlah CJH Aceh sebanyak 4.393 orang kemudian ada kuota tambahan 258 orang,” sebutnya.

Sementara itu, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag RI, Hj Sri Ilham Lubis saat menjadi narasumber pada kegiatan “Sosialisasi Pelayanan Jamaah Haji di Arab Saudi”, yang dilaksanakan di Banda Aceh beberapa waktu lalu menyampaikan persiapan di Arab Saudi sudah relatif sempurna.

“Persiapan haji tahun ini sudah dimulai sejak tahun lalu saat penandatanganan MoU Menag dengan perhajian Arab Saudi, termasuk penetapan kuota untuk Indonesia. Alhamdulillah untuk progres penyediaan transportasi, konsumsi dan akomodasi jamaah haji Indonesia di Arab Saudi sudah siap 100 persen,” terangnya.

Sesuai jadwal secara nasional, CJH gelombang II mulai berangkat ke Madinah dari Mekkah pada 20 Agustus dan mulai dipulangkan ke Indonesia, Jumat (30/8) yang diawali dengan kloter 1 selanjutnya diikuti oleh kloter lainnya.

Sementara itu, pembentukan kloter untuk CJH kloter 1 berasal dari Pidie Jaya, Aceh Utara, Pidie, dan Sabang. Masuk asrama Selasa (23/7) dan terbang ke Jeddah hari Rabu (24/7).

Kloter 2 berasal dari Aceh Timur, Kota Banda Aceh, dan Aceh Besar. Masuk asrama Kamis (25/7) dini hari, bertolak ke Tanah Suci pada Kamis (25/7) malam.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved