Lahan Gambut Terbakar

Kebakaran lahan gambut kembali terjadi di Aceh. Kali ini, lahan gambut seluas enam hektare

Lahan Gambut Terbakar
IST
PERSONEL BPBD Aceh Jaya bersama TNI dan Polri berusaha memadamkan api yang membakar lahan gambut di kawasan Desa Gampong Lueng Gayo Kaye Lhoen, Kecamatan Teunom, Kamis (20/6). 

* Seluas 5 Hektare di Aceh Jaya

CALANG - Kebakaran lahan gambut kembali terjadi di Aceh. Kali ini, lahan gambut seluas enam hektare yang merupakan areal perkebunan warga di kawasan Desa Lung Gayo Kayee Lhoen, Kecamatan Teunom, Aceh Jaya dilalap ‘si jago merah’ sejak Rabu (19/6) hingga Kamis (20/6).

Informasi yang diperoleh Serambi, kemarin, menyebutkan, jika kejadian kebakaran lahan gambut tersebut diperkirakan sudah terjadi sejak Rabu (19/6), dan sudah melahap sekitar 5 hektare lahan milik Salihin. Sedangkan, satu hektare lahan gambut yang masih terbakar hingga Kamis kemarin, diketahui juga milik warga yang sama yaitu Salihin.

Kabid Penanggulangan dan Pencegahan BPBD Aceh Jaya, Ismail yang dihubungi Serambi mengatakan, membenarkan kalau kebakaran lahan gambut itu sudah terjadi sejak Rabu kemarin yang menghanguskan 5 hektare perkebunan.

“Kalau total yang terbakar sejak (Rabu) kemarin, itu ada sekitar 5 hektare. Hanya saja, yang masih berasap hingga saat ini cuma 1 hektare lagi, yang lain sudah padam,” terangnya.

Ia menambahkan, hingga saat ini pihaknya dibantu personel TNI-Polri masih terus melakukan pemadaman secara manual dikarenakan akses jalan ke lokasi kebakaran tidak bisa dilalui oleh kendaraan pemadam kebakaran dari BPBD. “Pemadaman kita lakukan secara manual, karena tidak bisa dijangkau damkar. Sekarang hanya pakai pompa apung untuk membantu pemadaman,” tandasnya.

Menurut Ismail, proses pemadaman api pada Kamis kemarin, sangat terbantu dengan turunnya hujan gerimis yang melanda sebagian Aceh Jaya sejak pagi hari. “Sekarang cuacanya mendung, tapi tadi pagi (kemarin pagi-red), ada sedikit hujan gerimis yang menguyur dan alhamdulillah juga cukup membantu memadamkan api,” tutupnya.

Sementara itu, Kebakaran lahan sawit di Gampong Padang Brahan, Kecamatan Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan yang terjadi sejak Senin (17/6), dilaporkan masih berlanjut hingga Kamis (20/6). Kendati kawasan tersebut sempat diguyur hujan, namuni asap masih muncul di beberapa lokasi titik api.

“Perkiraan terakhir, ada sekitar 3 hektare lahan yang terbakar. Mudah-mudahan dengan turunnya hujan malam ini (kemarin malam-red), api bisa padam total,” kata Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan, Cut Syazalisma SSTP saat dikonfirmasi Serambi, Kamis (20/6) malam.

Cut Syazalisma menjelaskan, upaya pemadaman sempat terkendala karena ada beberapa titik api jauh dari sumber air. Kendati demikian, tegasnya, tim pemadam dari BPBD dengan dibantu personel TNI/Polri terus berupaya melakukan pemadaman agar api tidak terus meluas. “Untuk kondisi terakhir, besok pagi (hari ini-red) kita lihat. Mudah-mudahan, dengan diguyurnya hujan titik api bisa padam total,” harapnya.

Kalak BPBD menyebutkan, upaya pemadaman kebakaran lahan yang berjarak sekitar 2-3 kilometer dari Jalan Nasional Tapaktuan-Subulussalam itu juga sempat dipantau Kapolres Aceh Selatan, AKBP Dedy Sadsono ST yang turun ke lokasi, Rabu (19/6). “Ya, Kapolres langsung turun ke lokasi kebakaran lahan di Gampong Brahan. Beliau memberi motivasi dan semangat bagi personel yang sedang melaksanakan tugas di lapangan,” tukasnya.(tz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved