ADG 80 Desa belum Cair

Sebanyak 80 dari 260 desa di Kabupaten Aceh Selatan belum bisa diproses pencairan Alokasi Dana Gampong

ADG 80 Desa belum Cair
Serambi Indonesia
Para Keuchik di Aceh Barat Dibekali Tata Cara Pengelolaan Dana Desa 

* Ekses Keuchik belum Mengisi RKPG

TAPAKTUAN - Sebanyak 80 dari 260 desa di Kabupaten Aceh Selatan belum bisa diproses pencairan Alokasi Dana Gampong (ADG) tahap I tahun 2019. Hal ini lantaran para keuchik dari 80 desa itu belum mengisi Rencana Kerja Pemerintah Gampong (RKPG).

Kabid Pemberdayaan Kelembagaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh Selatan, Zeri Amnaldy Skom mengatakan, pengisian RKPG menjadi syarat mutlak pencairan dana ADG. Oleh sebab itu, desa yang belum mengisi RKPG dipastikan tak bisa dikucurkan dananya.

“Pengisian RKPG ini menjadi hal yang mutlak dan wajib dilakukan sebelum pencairan dana desa. Berdasarkan data, sekitar 180 desa sudah diproses agar bisa dicairkan dana ADG tahap I,” kata Zeri saat dikonfirmasi Serambi, Sabtu (22/6).

Dijelaskannya, keuchik memang diharuskan menyusun RKPG sebagai penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa. RKPG ini, ulas Zeri, disusun oleh keuchik bersama jajarannya sesuai dengan informasi dari pemerintah kabupaten/kota berkaitan dengan pagu indikatif desa dan rencana kegiatan pemerintah, baik pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota.

Meskipun masih ada 80 desa yang belum bisa diproses pencairan ADG, Kabid Pemberdayaan Kelembagaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh Selatan, Zeri Amnaldy Skom mengaku, dia masih optimis amprahan dana tahap I sebesar 20 persen dari [agu anggaran akan cair seluruhnya dalam waktu dekat.

“Masih ada waktu hingga akhir bulan ini atau sebelum berakhirnya tahap I pada bulan Juli. Kami minta para keuchik segera mengisi RKPG dulu. Kalau masalah rancangan anggaran (RAPBG) sudah selesai mereka, tapi harus diisi dulu RKPG sebelum disahkan menjadi APBG,” pungkasnya.(tz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved