Ratusan Siswa Berlaga di O2SN

Sebanyak 368 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) berkompetisi dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional

Ratusan Siswa Berlaga di O2SN
DISDIK ACEH
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh, Syaridin SPd MPd. 

* Pertandingkan Lima Cabang Olahraga

BANDA ACEH - Sebanyak 368 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) berkompetisi dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Provinsi Aceh, yang dimulai sejak 21 sampai 24 Juni 2019 di Banda Aceh. Kegiatan yang memperlombakan 5 cabang olahraga itu dibuka Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh, Syaridin MPd, di Hotel Grand Aceh Syariah Lamdom, Jumat (21/6) malam.

Lima cabang olahraga (cabor) yang diperlombakan yakni karate, pencak silat, atletik, renang, dan bulu tangkis. Perlombaan berlangsung di sejumlah tempat di Banda Aceh dan Aceh Besar. Cabor atletik di Stadion Harapan Bangsa (SHB), pencak silat di Aula Hotel Grand Aceh Syariah Lamdom, karate di Gedung Serbaguna SHB, bulu tangkis di Aceh Sport Center Beurawe, dan renang di kolam renang TNI Mata Ie.

Kepala Disdik Aceh, Syaridin MPd menyampaikan bahwa O2SN merupakan wadah untuk mengapresiasi kebutuhan non-akademis siswa yang memiliki bakat dan minat di bidang olahraga. “Tujuannya tidak hanya meningkatkan kesehatan jasmani siswa, tetapi juga meningkatkan prestasi siswa di bidang olahraga sekaligus menjaring bibit atlet berbakat yang dapat dibina lebih baik lagi,” ujarnya.

Syaridin meyakini bahwa dari kabupaten/kota yang jauh di Aceh tersimpan atlet-atlet muda yang bisa mengharumkan nama Aceh di kancah yang lebih besar. “Kami berharap akan tumbuh bibit-bibit atlet yang dapat mengharumkan nama Aceh di kompetisi nasional dan internasional. Mari bertanding secara sportif,” ajaknya kepada peserta O2SN.

Dia berharap kepada seluruh peserta untuk dapat menunjukkan kemampuan terbaik dalam ajang provinsi ini. Dijelaskan, para juara pertama di setiap cabor akan dilatih oleh pelatih profesional selama sebulan, sebelum mengikuti O2SN tingkat nasional pada Agustus mendatang. “Mereka nantinya akan ditraining langsung pada arena yang telah disiapkan, supaya mampu menguasai lapangan,” jelasnya.

Hal serupa juga diungkapkan Kepala Bidang Pembinaan SMA Disdik Aceh, Zulkifli MPd yang mewakili panitia. Menurutnya, kegiatan ini merupakan upaya memfasilitasi siswa untuk mengembangkan potensi diri pada bidang olahraga sesuai minatnya. “Ini juga ajang untuk membentuk karakter siswa yang disiplin, sportif, kreatif, bersahabat, dan jujur,” sebut Zulkifli.

Pada bagian lain, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh, Syaridin MPd mengungkapkan bahwa Provinsi Aceh akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat nasional pada 25-31 Agustus 2019, yang dipusatkan di Banda Aceh dan sebagian Aceh Besar. “Arena perlombaan sampai saat ini sudah rampung. Kami selalu memantau kesiapannya agar semua berjalan dengan baik,” kata dia.

Selain memberikan pengalaman berharga bagi tuan rumah, lanjut Kadisdik Aceh, penyelenggaraan O2SN tingkat nasional juga otomatis meningkatkan perekonomian Aceh. Menurutnya, even berskala nasional selalu membuat hotel-hotel penuh, souvenir ‘laris manis’, objek wisata ramai, serta bisnis angkutan hidup. “Ada 32 orang per provinsi dari 34 provinsi yang akan hadir nantinya. Kami perkirakan ada seribuan lebih tamu yang akan datang ke Aceh,” pungkas Syaridin.(fit)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved