Calon Ketua DPRA Harus Sosok yang Sudah Teruji

Pakar hukum dari Universitas Syiahkuala, Dr Effendi Hasan MA, menilai, sosok Ketua DPRA

Calon Ketua DPRA Harus Sosok yang Sudah Teruji
DOK SERAMBINEWS.COM
Muzakir Manaf 

BANDA ACEH - Pakar hukum dari Universitas Syiahkuala, Dr Effendi Hasan MA, menilai, sosok Ketua DPRA ke depan merupakan penentu penting untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat Aceh terhadap Partai Aceh (PA). Karena itu, sosok Ketua DPRA harus benar-benar sosok yang telah teruji.

“Menurut pandangan saya, Ketua DPRA ke depan harus memiliki bebeberapa kriteria sehingga mampu memimpin DPRA sekaligus mampu mengembalikan kepercayaan publik terhadap PA itu sendiri,” kata Effendi Hasan kepada Serambi, Minggu (23/6), menyikapi isu calon ketua DPRA yang diberitakan harian ini sebelumnya.

Menurut dia, salah satu kriteria dimaksud adalah, harus sudah teruji baik dari segi pengalaman maupun pengetahuan tentang aturan-aturan dan tata tertib tentang kedewanan, sehingga akan lebih mudah menjalankan dinamika dan seluk beluk di internal lembaga DPRA periode 2019-2024.

Di samping itu, calon ketua DPRA juga harus sudah teruji dari segi komunikasi politik, baik dengan kalangan anggota DPRA, kalangan eksekutif, maupun dengan kalangan Pemerintah Pusat. “Ini penting untuk memperjuangkan kepentingan Aceh, terutama tentang implementasi isi dan poin dari UUPA,” imbuhnya.

Kriteria lainnya, sambung pakar Unsyiah tersebut, juga harus teruji dari segi keberanian dalam menyuarakan dan membela kepentingan rakyat Aceh, baik di kalangan lokal maupun nasional. “Mudah-mudahan ini bisa menjadi masukan kepada Mualem selaku ketua Partai Aceh dalam menetapkan sosok yang layak untuk memimpin DPRA ke depan,” ujar Effendi Hasan.

Sebelumnya diberitakan, internal Partai Aceh (PA) saat ini sedang sibuk membahas bursa calon ketua DPRA untuk periode 2019-2024. Informasi yang dihimpun Serambi, sejauh ini sudah ada empat nama yang disebut-sebut akan ditunjuk mengisi posisi pimpinan tertinggi di lembaga dewan tersebut.

Keempat nama tersebut terdiri dari Azhar Abdurrahman, Saifuddin Yahya, Ismail A Jalil, dan Iskandar Usman Al-Farlaky. Azhar Abdurrahman merupakan calon anggota dewan yang terpilih dari daerah pemilihan (dapil) 10 dengan raihan 24.425 suara, Saifuddin Yahya 23.474 suara, Ismail A Jalil 18.722 suara, dan Iskandar yang merupakan calon petahana dari dapil 6 dengan perolehan 17.416 suara.

Menurut sumber Serambi, keempat nama itu saat ini sudah berada di tangan Ketua Umum PA, Muzakir Manaf alias Mualem. Namun saat dikonfirmasi Mualem membantahnya. Dia mengaku belum ada pembahasan terkait sosok ketua DPRA. “Belum lagi (bahas), masih dalam samar-samar saja dulu,” kata Mualem menjawab melalui Whatsapp yang saat dikonfirmasi sedang berada di Malaysia.(yos)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved