Dayah Insan Qurani Wisuda 91 Santri, 22 Santri Sudah Hafal Alquran 30 Juz

Dayah Insan Qur’ani (IQ) Aceh Besar menggelar haflah takhrij atau wisuda bagi 91 lulusan angkatan ketiga dayah tersebut tahun pelajaran 2018/2019.

Dayah Insan Qurani Wisuda 91 Santri, 22 Santri Sudah Hafal Alquran 30 Juz
For Serambinews.com
Seorang santri bersalaman dengan pimpinan Dayah Insan Qur’ani (IQ) Aceh Besar pada acara haflah takhrij atau wisuda bagi 91 lulusan angkatan ketiga dayah tersebut tahun pelajaran 2018/2019 di aula Dayan Dawood, Unsyiah, Banda Aceh, Senin (24/6/2019). 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dayah Insan Qur’ani (IQ) Aceh Besar menggelar haflah takhrij atau wisuda bagi 91 lulusan angkatan ketiga dayah tersebut tahun pelajaran 2018/2019.

Prosesi wisuda berlangsung di aula Dayan Dawood, Unsyiah, Banda Aceh,  Senin (24/6/2019).

Pada acara yang dihadiri Kakanwil Kemenag Aceh, Drs HM Daud Pakeh ini juga diserahkan syahadah atau ijazah kepada 22 santri IQ yang telah berhasil menyelesaikan hafalan Alqur’an 30 juz. Sejak pertama berdiri 2014 silam, Dayah IQ telah melahirkan 49 santri yang hafal 30 juz Alquran.

“Alhamdulillah tahun ini ada 22 anak-anak kami santri Dayah Insan Qur’an yang telah berhasil menyelesaikan hafalan Alqur’an 30 juz, ” kata Pimpinan Dayah IQ, Ustaz Muzakkir Zulkifli SAg dalam sambutannya di hadapan orangtua/wali dan santri.

Menurutnya alumni IQ sudah menyebar ke berbagai negeri untuk menuntut ilmu. Santri IQ juga meraih nilai yang tinggi di beberapa tes luar negeri, seperti tes ke Sudan.

Selain itu, selama ini santri Dayah IQ juga berhasil mengharumkan nama dayah dengan berbagai prestasi lainnya.

Baca: Menuju Fitrah Insani

Baca: Tiga Santri Dayah Insan Qurani Ini Selesaikan Hafalan 30 Juz Selama 13 Ramadan

Baca: 5 Santri Dayah Insan Qurani Aceh Besar Wakili Aceh ke STQN 2019 Cabang Tahfiz Quran 1 sampai 20 Juz

Di penghujung sambutan Ustaz Muzakkir berpesan kepada para santri agar mengamalkan isi Alquran, bukan hanya sekedar hafal.

 “Yang paling penting bukanlah seberapa banyak Alqur'an yang sudah kita hafal, tapi seberapa dalam Alqur'an mencapai sanubari kita," ujar Ustaz Muzakkir.

Sementara Kakanwil Kemenag Aceh, HM Daud Pakeh dalam sambutannya mengapresiasi lembaga pendidikan tersebut karena telah berhasil melahirkan penghafal-penghafal Alquran dan mencetak berbagai prestasi yang membanggakan.

“Saat ini sudah 26 orang mahasiswa Aceh yang dikirm ke Timur Tengah. Para alumni Dayah Insan Qur'ani termasuk yang terbanyak lulus ke Timur Tengah,” ungkap dia bangga.

Menurut Daud Pakeh, saat ini perkembangan tahfiz begitu pesat.

"Kita berharap Insan Qur'ani terus berjaya. Pesan saya kepada wisudawan wisudawati, baik yang sudah khatam maupun belum, amalkan Alqur'an dan jangan lupa murajaah (mengulang)," ujarnya.

Dayah IQ selama ini bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Ulumul Qur'an (YPUQ) Aneuk Batee.

Meski terbilang baru berdiri (2014), dayah yang bermarkas di Gampong Aneuk Batee, Kecamatan Suka Makmur, Aceh Besar ini telah berhasil meraih berbagai prestasi, baik di Aceh maupun nasional. (*)

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved