Walkot Subulussalam Batalkan 7 SK Mutasi ASN, Ini Konsekuensinya Bagi yang Terlanjur Dapat Promosi

Pencabutan tujuh SK mutasi 309 ASN di Subulussalam bakal berdampak terhadap persoalan penggunaan keuangan negara lantaran cacat administrasi.

Walkot Subulussalam Batalkan 7 SK Mutasi ASN, Ini Konsekuensinya Bagi yang Terlanjur Dapat Promosi
Serambinews.com
Para mantan pejabat Setdako Subulussalam yang dimutasi beberapa waktu lalu, membeberkan sejumlah kejanggalan dalam proses mutasi, kepada pimpinan dan anggota dewan, dalam rapat dengar pendapat (RDP) Jumat (2/11/2018) di Ruang Banleg DPRK Subulussalam. 

Laporan Khalidin | Subulussalam

SERAMBINEWS.COM, SUBULUSSALAM - Rencana pencabutan tujuh Surat Keputusan (SK) mutasi 309 Aparatur Sipil Negara (ASN) oleh Wali Kota Subulussalam H Affan Alfian Bintang SE, bakal berdampak terhadap sejumlah kebijakan, termasuk persoalan penggunaan keuangan negara lantaran cacat administrasi.

Adanya konsekuensi atas berbagai kebijakan dan penggunaan uang negara ini lantaran para ASN yang dimutasi atau diangkat, dinilai melanggar UU No 30 tahun 2014 tentang administrasi pemerintahan.

Sementara 7 SK mutasi para ASN ini merupakan akumulasi sejak 2017 sampai 2018 lalu.

Artinya, para pejabat yang mendapat promosi jabatan sudah menggunakan anggaran dari kebijakan yang salah selama dua tahun, plus tahun ini.

Berdasarkan undang-undang Nomor 30 tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan menyebutkan, apabila pejabat pemerintah melakukan pelanggaran administrasi pemerintahan yang mengakibatkan pembayaran dari uang negara, maka dinyatakan tidak sah.

Badan dan/atau pejabat pemerintahan itu pun wajib mengembalikan uang yang telah diterimanya ke kas negara.

Karena itu , jika benar tujuh SK mutasi ini dibatalkan, maka pejabat yang dipromosikan menjabat jabatan baru pada 2017-2018, dianggap cacat hukum alias tidak sah.

Dampaknya, segala kebijakan atau kewenangan termasuk penggunaan uang negara dianggap tidak sah pula, dan harus dikembalikan ke kas pemerintahan.(*)

Baca: Wali Kota Subulussalam Batalkan 7 SK Mutasi ASN Era Pemerintahan Sakti

Baca: BMKG Aceh Imbau Masyarakat Tetap Waspada, Kecepatan Angin Bisa Meningkat Dua Kali Lipat

Baca: Usaha Kudeta di Etiopia: Gubernur Dibunuh, Dua Jenderal Ditembak Mati Pengawalnya Sendiri

Penulis: Khalidin
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved