MAA Lhokseumawe Latih Keuchik dan Mukim  tentang Peradilan Adat

Para keuchik dan mukim di Kota Lhokseumawe mengikuti pelatihan tentang peradilan adat yang digelar MAA Lhokseumawe.

MAA Lhokseumawe Latih Keuchik dan Mukim  tentang Peradilan Adat
Serambinews.com
Kasat Bimas Polres Lhokseumawe Iptu Sarimin dan Ketua MAA Lhokseumawe Tgk Yusdedi mengikuti sesi pembukaan pelatihan peradilan adat di Hotel Diana Lhokseumawe, Selasa (25/6/2019). 

Laporan Saiful Bahri | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE - Para keuchik dan mukim di Kota Lhokseumawe mengikuti pelatihan tentang peradilan adat yang digelar Majelis Adat Aceh (MAA) Lhokseumawe, Selasa (25/6/2019).

Ketua MAA Lhokseumawe, Tgk Yusdedi menyebutkan, sesuai dengan Qanun Aceh Nomor 9 tahun 2008 tentang Pembinaan Kehidupan Adat dan Adat Istiadat, ada 18 sengketa atau perselisihan yang bisa diselesaikan di level gampong.

“Seperti perselisihan dalam rumah tangga, sengketa antara keluarga yang berkaitan dengan faraidh, perselisihan antarwarga, perselisihan tentang hak milik, dan lainnya. Dengan adanya pelatihan ini, para keuchik dan imum mukim dapat melaksanakan peradilan adat secara maksimal yang terjadi di gampong atau ditingkat mukim,” katanya.

Pemateri yang dihadirkan dari unsur kepolisian, memaparkan kasus-kasus yang bisa diselesaikan di tingkat gampong, sehingga tidak perlu sampai ke tingkat kepolisian.

Lalu dari unsur Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, agar para keuchik bisa mengetahui cara mengalokasikan dana dalam penyelenggaraan peradilan adat di gampong masing-masing.

Terakhir, dari unsur MAA, terkait keistimewaan Aceh dengan adanya peradilan adat gampong dan tata cara peradilan adat gampong.(*)

Baca: Juventus Setuju Bayar Bonus Bergabung Rp 160 Miliar Untuk Pemain Gratis Ini

Baca: Demi Bisa Kembali ke Barcelona, Neymar Tak Keberatan Dipotong Gaji

Baca: FOTO-FOTO : Gadis Bertubuh Mungil di Meureudu Pidie Jaya

Penulis: Saiful Bahri
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved