Jamaah Haji Aceh Dapat Layanan Bus Shalawat

Pada musim haji tahun 1440 H/2019 M seluruh jamaah haji Indonesia termasuk Aceh akan mendapatkan layanan

Jamaah Haji Aceh Dapat Layanan Bus Shalawat
FOTO/HUMAS KANWIL KEMENAG ACEH
DIREKTUR Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag RI, Sri Ilham Lubis, Kakanwil Kemenag Aceh, Drs HM Daud Pakeh, dan Kepala Biro Keistimewaan dan Kesra Setda Aceh, Zahrol Fajri SAg MH melihat menu makanan yang akan disajikan dalam pesawat saat keberangkatan dan kepulangan jamaah haji aceh, di Aula Asrama Haji, Banda Aceh, Selasa (25/6). 

BANDA ACEH - Pada musim haji tahun 1440 H/2019 M seluruh jamaah haji Indonesia termasuk Aceh akan mendapatkan layanan bus shalawat, yaitu transportasi yang digunakan untuk mengantar jamaah selama di Makkah dari Hotel ke Masjidil Haram, dan sebaliknya. Sebelumnya, layanan ini hanya untuk jamaah yang menempati hotel dengan radius minimal 1.500 meter dari Masjidil Haram.

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama (Kemenag) RI, Sri Ilham Lubis menyampaikan hal itu dalam sambutan pada acara pelantikan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Aceh, di Aula Asrama Haji Embarkasi Banda Aceh, Selasa (25/6).

Hadir pada pelantikan itu, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Sri Ilham Lubis, Kepala Biro Isra Sekda Aceh, Kabid PHU, KKP Banda Aceh, Imigrasi Aceh dan perwakilan Garuda Indonesia Cabang Banda Aceh.

“Ada inovasi berbeda tahun ini yaitu semua jamaah haji Indonesia dilayani dengan pelayanan bus shalawat tanpa pembatasan jarak tempuh. Rutenya akan melewati seluruh akomodasi jamaah yang terbagi dalam tujuh zonasi di Makkah,” jelas Sri Ilham Lubis.

Dikatakan, tujuh zona hotel jamaah haji Indonesia di Makkah, yaitu di Syisyah, Raudhah, Misfalah, Jarwal, Mahbas Jin, Rei Bakhsy, dan Aziziah. Jarak terdekat hotel jamaah Indonesia ke Masjidil Haram adalah radius 1.000 meter.

“Layanan bus shalawat akan beroperasi sejak kedatangan kloter pertama jamaah haji Indonesia di Makkah,” sebutnya.

Ia menambahkan untuk operasional haji tahun ini, jamaah haji akan diterbangkan dari 13 embarkasi haji yang ada di Indonesia. Pemerintah menetapkan PT Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines untuk membawa jamaah ke Tanah Suci.

PT Garuda Indonesia akan menerbangkan jamaah haji pergi dan pulang asal Embarkasi Aceh, Medan, Padang, sebagian Jakarta-Pondok Gede, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Lombok. Sementara Saudi Arabian Airlines akan menerbangkan jamaah haji Indonesia asal Embarkasi Batam, Palembang, sebagian Jakarta-Pondok Gede, Jakarta-Bekasi, dan Surabaya.

“Untuk keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan, jamaah haji akan mendapatkan tas bagasi yang dapat diisi maksimal 32 kilogram, tas kabin maksimal 7 kilogram, dan tas paspor,” kata Sri Ilham Lubis.

Jamaah haji akan mendapatkan air zam-zam sebanyak lima liter sebagaimana dengan ketentuan talimatul hajj yang dikeluarkan Pemerintah Arab Saudi, dan akan diterima di Asrama Haji saat kepulangan.

Sementara dalam penerbangan, jamaah haji dapat pelayanan dua kali makan dan satu kali makanan ringan dan minuman sesuai dengan standar penerbangan internasional yang mengacu pada hasil meal test.

Pada kesempatan itu dilakukan juga meal test terhadap makanan yang akan dikonsumsi oleh jamaah haji Aceh selama dalam penerbangan. Antaranya ada ayam masak aceh, daging masak putih, abon keumamah, dan gulai daging masak aceh.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Aceh, Drs HM Daud Pakeh mengatakan, saat ini Kemenag Aceh sedang melakukan berbagai persiapan jelang Calon Jamaah Haji (CJH) masuk asrama termasuk proses visa di Jakarta.

“Sebanyak 4.246 paspor CJH sudah diantar ke Kemenag RI dan sisanya 402 buku paspor lagi yang belum karena masih menunggu pelunasan di tahap keempat,” sebutnya Daud Pakeh.

Pada musim haji tahun ini, seluruh CJH Aceh selama berada di Makkah di tempatkan di wilayah Syisyah. Wilayah tersebut terdiri atas beberapa sektor dengan jarak ke Masjidil Haram 2.855 meter atau 3 kilometer.(una)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved