Seluruh Camat di Aceh Timur Ikut Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas sumber daya aparatur pemerintah kecamatan di kabupaten Aceh Timur

Seluruh Camat di Aceh Timur Ikut Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu
FOR SERAMBINEWS.COM
Seluruh Camat di Aceh Timur, mengikuti Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu (Paten) di Aula Pendopo Idi Rabu (26/6/2019). 

Seluruh Camat di Aceh Timur Ikut Bimtek Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI – Pemkab Aceh Timur menggelar Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu (Paten), yang diikuti oleh seluruh camat di wilayah kabupaten setempat yang digelar di aula gedung Serbaguna Pendopo Idi, Rabu (26/6/2019).

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Setdakab Aceh Timur, Drs Faisal Idris, dalam laporannya menyampaikan, maksud kegiatan itu sebagai tindak lanjut Permendagri Nomor 4 Tahun 2010, tentang pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten).

Baca: Pemkab Aceh Timur Peringati HUT Satpol PP dan WH

Adapun materi yang diberikan pada bimtek ini di antaranya, tentang implementasi dan pelaksanaan teknis penyelenggaraan pelayanan administrasi terpadu kecamatan. 

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas sumber daya aparatur pemerintah kecamatan di kabupaten Aceh Timur dalam penyelenggaraan pelayanan administrasi terpadu kecamatan,” sebut Faisal.

Sementara itu, Plt Asisten Pemerintahan Setdakab Aceh Timur, Syahrizal Fauzi dalam sambutannya mengatakan, Pelayanan administrasi terpadu kecamatan (paten) merupakan penyelenggaraan pelayanan publik di kecamatan yang proses penggelolaannya, mulai dari permohonan sampai ke tahap tertibnya dokumen dilakukan dalam satu tempat melalui satu loket pelayanan.

Baca: Hasil Survei Banyak Warga di Negara-negara Arab Mengaku Tidak Lagi Relijius

"Oleh karena itu, pelimpahan sebagian wewenang kepada kecamatan untuk mengurusi bidang perizinan dan pelayanan bidang nonperizinan masyarakat dapat dengan mudah untuk dilayani,” kata Syafrizal.

Maka dengan adanyan paten pelayanan dapat dilakukan di kecamatan, sehingga memperkuat kepercayaan kepada pemerintah kecamatan dan pemerintah daerah.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan ini, yaitu untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” terang Safrizal.

"Adapun manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat dapat memperoleh pelayanan yang lebih cepat, mudah, tidak diskriminatif dan transparan, masyarakat akan lebih puas dalam memperoleh pelayanan dari kecamatan,” kata Syahrizal. (*)

Baca: Dinkes Aceh Timur Lakukan Fogging di Permukiman Pasien DBD

Penulis: Seni Hendri
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved