PWI Abdya Gelar Seminar Restorasi Pancasila

Seminar yang dibuka langsung Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT menghadirkan seratusan peserta dari mahasiswa dan pelajar dari berbagai organisasi.

PWI Abdya Gelar Seminar Restorasi Pancasila
SERAMBINEWS.COM/RAHMAT SAPUTRA
Seratusan mahasiswa dan pelajar dari berbagai organisasi mengikuti seminar restorasi Pancasila dan potret radikalisme yang diselenggarakan PWI Abdya, Kamis (27/6/2019) di aula Tengku Dikila Bappeda setempat. 

Laporan Rahmat Saputra | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Balai Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar seminar restorasi Pancasila dan potret radikalisme, Kamis (27/6/2019) di aula Tengku Dikila kantor Bappeda setempat.

Seminar yang dibuka langsung Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT menghadirkan seratusan peserta dari mahasiswa dan pelajar dari berbagai organisasi.

Seminar sehari itu, menghadirkan empat pemateri yaitu, wakil Bupati Abdya, Wakapolres Abdya, Kompol Ahzan SIK SH MSM, Dandim 0110/Abdya Letkol Arm, dan pimpinan Dayah Manyang Puskiyai Aceh, Tgk H Farmadi ZA MSc.

Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT dalam kesempatan itu menyambut baik serta mengapresiasi atas terlaksananya seminar memperingati Hari Lahir Pancasila pada hari ini.

Dia berharap dengan adanya seminar memperingati Hari Lahir Pancasila akan semakin menambah wawasan serta kecintaan kita terhadap dasar serta ideologi Negara.

Menurutnya, dasar negara sangat penting bagi suatu bangsa. Tanpa dasar negara, negara akan goyah, tidak mempunyai tujuan yang jelas, dan tidak tahu apa yang ingin dicapai setelah negara tersebut didirikan.

"Sebaliknya, dengan adanya dasar negara, suatu bangsa tidak akan terombang ambing dalam menghadapi berbagai permasalahan yang dapat datang dari arah mana saja," katanya.

Baca: KP Antasena-7006 Sosialisasikan Penegakan Hukum bagi Organisasi Radikal dan Anti Pancasila

Baca: PWI Abdya Beri Pelatihan Jurnalistik untuk Siswa SMAN 3 Abdya

Baca: Seminar Permuseuman Sebaga Sumber Informasi Inspiratif dan Bukti Kekayaan Intelektual

Menurutnya, jika diumpamakan negara yang tidak memiliki dasar negara yaitu bagaikan bangunan tanpa pondasi, tentu saja bangunan itu akan cepat roboh.

“Seminar restorasi Pancasila merupakan hal yang penting untuk dilaksanakan. Maka dari itu, para peserta harus mampu memahami apa yang akan dibahas nantinya, sehingga bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari," pintanya.

Sementara itu, Ketua PWI Abdya, Drs H Zainun Yusuf melalui Sekretaris PWI Abdya, Safrizal ZA SH mengatakan, kegiatan tersebut memang sengaja dilaksanakan PWI Abdya sebagai upaya untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman generasi muda terhadap Pancasila.

Selain itu, melalui kegiatan tersebut sosok generasi muda haruslah cerdas dalam menanggapi berbagai informasi yang berkembang.

"Generasi muda harus pandai memilah, memilih, serta menyampaikan informasi yang betul. Jangan sampai termakan isu-isu hoak yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain, " katanya. (*)

Penulis: Rahmat Saputra
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved