UIN Terima Mahasiswa Jalur Mandiri

Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry kembali membuka penerimaan calon mahasiswa baru

UIN Terima Mahasiswa Jalur Mandiri
IST
GUNAWAN, Wakil Rektor UIN Ar-Raniry

BANDA ACEH - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry kembali membuka penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) atau yang biasa disebut jalur lokal atau jalur mandiri. Ini merupakan jalur terakhir dari seluruh jalur penerimaan mahasiswa baru tahun 2019.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Dr H Gunawan MA PhD, seusai memimpin rapat evaluasi panitia, Rabu (26/6), mengatakan, UIN Ar-Raniry telah membuka pendaftaran calon mahasiswa baru jalur PMB lokal sejak 10 Juni hingga 16 Juli mendatang. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui situs resmi pmb.ar-raniry.ac.id.

“Ini merupakan jalur terakhir yang dibuka UIN Ar-Raniry pada tahun 2019. Oleh sebab itu, kami berharap kepada masyarakat Aceh yang ingin melanjutkan pendidikan di UIN Ar-Raniry dapat mendaftar langsung melalui website. Terkait dengan syarat dan informasi lengkap dapat dilihat pada situs tersebut,” kata Dr Gunawan.

Sebelumnya, kata Dr Gunawan, UIN Ar-Raniry telah membuka beberapa jalur pendaftaran calon mahasiswa baru, antara lain SPAN-PTKIN, SNM-PTN, UM-PTKIN, dan SBM-PTN. Untuk jalur UM-PTKIN hasilnya akan diumumkan pada 1 Juli mendatang.

Warek menambahkan, hal yang juga penting diketahui oleh calon mahasiswa baru bahwa SPP yang berlaku di UIN Ar-Raniry sangat standar dan tergolong sangat murah. UIN Ar-Raniry telah menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). Artinya, semua jalur masuk diberlakukan sama jumlah uang kuliahnya. Hanya ada perbedaan antar prodi saja.

“Semua jalur masuk UIN Ar-Raniry jumlah uang kuliahnya sama, tidak ada perbedaan baik penetapan SPP maupun penentuan ruang kuliah. Semua diberlakukan sama,” pungkas Gunawan Adnan.

Gunawan juga mengatakan, mahasiswa yang lulus melalui jalur mandiri atau Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) melalui seleksi berbasis lokal tidak berbeda dengan mahasiswa yang lulus dengan jalur lainnya. Gunawan juga menegaskan, iuran SPP mahasiswa yang lulus melalui jalur mandiri tetap sama dengan jalur tes lainnya.

Menurutnya, yang dimaksud penerimaan jalur mandiri UIN Ar-Raniry bukanlah jalur ekstensi seperti kebanyakan universitas lain. Disebut jalur mandiri di UIN, karena sistem penerimaan mahasiswa melalui jalur ini dilakukan secara lokal oleh civitas akademika UIN. “Naskah soalnya disusun sendiri, tesnya kita selenggara sendiri, hingga pengumumannya juga kita lakukan sendiri, tidak nasional,” kata Gunawan.

Tentunya, kata Gunawan, iuran SPP bagi mahasiswa yang lulus melalui jalur ini juga sama, tidak dibeda-bedakan, karena UIN Ar-Raniry sudah menetapkan tarif SPP dengan sistem uang kuliah tunggal (UKT). “Kebanyakan mengira, jalur mandiri ini jalur ekstensi, bukan. Sebagian orang masih menganggap mahal, padahal tidak membedakan jalur PMB lokal dengan jalur lain. Jadi kita tekankan, SPP-nya sama saja semua, karena UIN sudah menerapkan UKT untuk iuran SPP,” katanya.(dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved