8 Warga Aceh yang Ditangkap Bawa 4,1 Kg Sabu di Bandara Sebagai Kurir, Polisi Selidiki Pemiliknya

Polresta Pekanbaru terus melakukan pengembangan terhadap upaya penyelundupan sabu yang dilakukan oleh delapan tersangka di Bandara Sultan Syarif Kasim

8 Warga Aceh yang Ditangkap Bawa 4,1 Kg Sabu di Bandara Sebagai Kurir, Polisi Selidiki Pemiliknya
CITRA INDRIANI
Petugas Bandara Sultan syarif kasim Pekanbaru mengamankan delapan calon penumpang membawa sabu yang disimpan dalam sepatu (CITRA INDRIANI) 

SERAMBINEWS.COM - Pihak Kepolisian Polresta Pekanbaru terus melakukan pengembangan terhadap upaya penyelundupan sabu yang dilakukan oleh delapan tersangka di Bandara Sultan Syarif Kasim Pekanbaru.

Dari pengungkapan tersebut, petugas avsec bandara mengamankan 8 tersangka serta 34 paket sabu seberat 4,1 kilogram yang disembunyikan dalam sepatu.

Delapan orang tersangka berinisial RS (24), MT (30), FN (25), MN (19), SW (21), MM (22), MH (19) dan AH (25), semuanya merupakan warga Aceh, mereka ditangkap saat akan berangkat dari Pekanbaru menuju Surabaya menggunakan pesawat Lion Air.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Susanto mengatakan, ada 8 orang tersangka yang telah berhasil ditangkap dan sedang dilakukan proses penyidikan.

"Kita sudah berkordinasi dengan pihak bandara bahwa pengungkapan kasus ini berawal dari kecurigaan petugas avsec bandara sekitar pukul 05.00 WIB terhadap calon penumpang terlihat memakai sepatu sama," kata Santo saat memberikan keterangan kepada wartawan, Jumat (28/6/2019).

"Barang bukti yang berhasil disita petugas sebanyak 34 paket sabu, setelah ditimbang beratnya 4,1 kilogram, untuk itu kita sedang melakukan pengembangan untuk asal narkotika, jaringan kemudian termasuk penyebarannya di Pekanbaru," sambungnya.

Delapan pelaku ini, lanjutnya, merupakan warga asal Aceh, mereka merupakan kurir, namun sedang didalami berapa mereka dibiayai, siapa yang membiayai serta siapa yang akan menerima barang tersebut.

Menurut pengakuannya, semua tersangka baru satu hari di Pekanbaru, mereka sistemnya transit dan asal barang serta penerima barang masih kami kembangkan.

"Namun yang paling utama adalah ketanggapan petugas bandara, karena pada pukul 05.00 WIB mereka tetap waspada terhadap peredaran narkotika," ungkapnya.

Delapan tersangka yang berhasil diamankan petugas bandara karena kedapatan membawa sabu yang disimpan di sepatu di Bandara Sultan Syarif Kasim Pekanbaru(CITRA INDRIANI)
Delapan tersangka yang berhasil diamankan petugas bandara karena kedapatan membawa sabu yang disimpan di sepatu di Bandara Sultan Syarif Kasim Pekanbaru(CITRA INDRIANI) 

Sebelumnya, penangkapan pelaku berawal dari kecurigaan petugas Avsec Bandara Sultan Syarif Kasim Pekanbaru, adanya kesamaan sepatu yang dikenakan oleh sejumlah penumpang saat melakukan di area Security Check Point (SCP) 2 terminal domestik Bandara.

Halaman
12
Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved