84 Dayah di Aceh Selatan Dapat Bantuan Dana Operasional

Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Selatan menyerahkan bantuan dana operasional untuk 84 dayah di Aceh Selatan.

84 Dayah di Aceh Selatan Dapat Bantuan Dana Operasional
SERAMBINEWS.COM/TAUFIK ZASS
Wakil Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran menyerahkan bantuan operasional untuk dayah yang ada di Aceh Selatan, Jumat (28/6/2019). 

Laporan  Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Selatan menyerahkan bantuan dana operasional untuk 84 dayah di Aceh Selatan.

Bantuan operasional tersebut langsung diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati setempat, Tgk Amran, Jumat (28/6/2019).

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran, mengakui dana sebesar Rp 500 juta yang dibagikan untuk 84 dayah di Aceh Selatan itu sangat minim, tidak cukup bila digunakan untuk operasional dalam 1 tahun.

Melihat minimnya anggaran untuk dayah di Aceh Selatan tahun 2019 ini, Wakil Bupati Aceh Selatan, berjanji akan melaporkan kepada pimpinannya yakni Bupati Aceh Selatan Azwir, S.Sos.

"Maka untuk tahun 2020 kita akan bermusyawarah dengan Bupati dan DPRK Aceh Selatan untuk tingkatkan dana operasional dayah sebesar 1 M," kata Wabup Tgk Amran usai penyerahan dana operasional dayah di kantor Dinas Pendidikan Dayah setempat.

Baca: Majelis Pendidikan Daerah Nagan Raya Dongkrak Pendidikan Dayah

Baca: 25 Teungku dan Santri Dayah di Aceh Ikut Pelatihan Jurnalistik

Baca: Dinas Dayah Aceh Teken MoU dengan 10 Pesantren

Semetara Kadis Pendidikan Dayah, Drs Yahya Azmar MM, menjelaskan Pemeritah Aceh Selatan dalam menyerahkan dana operasional telah berpedoman pada SK Gubernur Aceh.

Besarnya anggaran yang didapat bervariasi berdasarkan tipe dan non tipe masing-masing dayah.

"Dana ini digunakan untuk operasional seperti gaji guru, pembelian Alat Tulis Kantor (ATK) dan lainnya seusai proposal kabutuham yang diajukan oleh pimpinan dayah kamarin," terangnya.

Untuk meningkatkan ekonomi Dayah - dayah yang ada di Aceh Selatan, sambung Drs Yahya Azmar, dayah-dayah di Aceh Selatan telah memperdayakan seperti sarang waled, galon air minum, dan jahitan mukena untuk santri serta ketrampilan tangan lainnya untuk para santri. (*)

Penulis: Taufik Zass
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved