Cegah Berjangkitnya Kembali Wabah DBD, Ini Empat Langkah yang Dilakukan Dinkes Pijay

Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes-KB) melaksanakan fogging atau pengasapan di Gampong Mukoue Dayah, Kecamatan Bandardua, Jumat pagi (28/

Cegah Berjangkitnya Kembali Wabah DBD, Ini Empat Langkah yang Dilakukan Dinkes Pijay
SERAMBINEWS.COM/ABDULLAH GANI
Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes-KB) setempat, Jumat pagi (28/6) melaksanakan fogging atau pengasapan di Gampong Mukoue Dayah Kecamatan Bandardua. 

Laporan Abdullah Gani | Pidie Jaya

SERAMBINEWS.COM, MEUREUDU - Dalam upaya mencegah berjangkitnya kembali penyakit demam Berdarah Deungue (DBD) di Pidie Jaya, Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes-KB) melaksanakan fogging atau pengasapan di Gampong Mukoue Dayah, Kecamatan Bandardua, Jumat pagi (28/6/2019) .

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Promosi Kesehatan (P2P Promkes), Edy Azwar, kepada Serambinews.com menyebutkan, bersamaan dengan fogging, tiga kegiatan lainnya yang dilakukan Dinkes adalah, gotong royong masal, penyuluhan serta penaburan bedak abate ke tempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk.

Keempat kegiatan yang dipantau langsung Kadinkes Pijay, Munawar Ibrahim SKp, MPh, melibatkan sejumlah petugas Dinkes mulai tingkat kecamatan (puskesmas) hingga kabupaten.

Dukungan lainnya adalah dari TNI/Polri (Makoramil dan Mapolsek) setempat  serta masyarakat gampong yang menjadi sasaran ke empat kegiatan dimaksud.

Sejumlah warga menyatakan, dukungan sepenuhnya terhadap upaya pencegahan DBD di gampongnya.

Seperti penuturan Lukman, warga setempat. Katanya, beberapa bulan lalu, sejumlah penduduk Mukoue Dayah sempat terjangkit DBD dan menjalani perawatan di RSUD Pijay di Meureudu.

Antara lain, Tgk Ridwan, Riki,  serta Salbiah.

Tapi Alhamdulillah, lanjut Lukman, saat ini mereka semua sudah sembuh atau sudah kembali ke rumahnya masing-masing.

“Semoga penyakit ini menjauh,” timpal Lukman diamini beberapa warga setempat.

Baca: 931 Warga Terserang DBD

Baca: Dinkes Lakukan Fogging Cegah DBD

Baca: PNS KIP Pijay Diduga Dibunuh

Halaman
12
Penulis: Abdullah Gani
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved