Dinas Pendidikan Aceh Gelar Festival Literasi Sekolah Jenjang SMK, Ini Tujuannya

Dinas Pendidikan Aceh menggelar festival literasi sekolah jenjang SMK yang diikuti 138 peserta dan 69 pendamping dari kabupaten/kota se- Aceh.

Dinas Pendidikan Aceh Gelar Festival Literasi Sekolah Jenjang SMK, Ini Tujuannya
Serambi Indonesia
Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin menyampaikan sambutan saat pembukaan Festival Literasi Sekolah jenjang SMK se-Aceh yang berlangsung 26-30 Juni 2019, di Hotel Grand Aceh Syariah. FOTO FOR SERAMBINEWS.COM 

Laporan Misran Asri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dinas Pendidikan Aceh menggelar festival literasi sekolah jenjang SMK yang diikuti 138 peserta dan 69 pendamping dari kabupaten/kota se- Aceh.

Kegiatan yang berlangsung 26-30 Juni 2019 di Hotel Grand Aceh Syariah itu bertujuan meningkatkan keterampilan literasi dalam kerangka pengembangan pendidikan vokasi.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Aceh, Syaridin, SPd, MPd, kepada Serambinews.com, Kamis (27/6/2019).

Menurutnya, gerakan literasi sekolah adalah sebuah gerakan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti peserta didik melalui budaya membaca dan menulis, sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat.

"Literasi juga bukan sekadar membaca dan menulis. Tapi, mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, dan auditori," ujar Kadisdik Aceh ini.

Penguasaan enam literasi dasar yang disepakati World Economic Forum tahun 2015 menjadi sangat penting tidak hanya bagi peserta didik. Tapi, juga bagi orang tua dan seluruh warga masyarakat. "Enam literasi dasar itu mencakup literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi budaya dan kewargaan," sebutnya.

Menurutnya, gerakan literasi nasional (GLN) sebagai bagian dari implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

"Layaknya suatu gerakan, pelaku GLN bersama dinas pendidikan, pegiat literasi, akademisi, organisasi profesi, dunia usaha, dan lembaga lainnya," katanya.

Baca: Literasi Digital “Mengapa harus Cerdas”

Baca: Sinergisitas Literasi

Baca: Kampus dan Budaya Literasi

Masih menurut Kadisdik Aceh Syaridin, sebagai upaya akselerasi gerakan tersebut, pemerintah mengeluarkan edaran pembentukan satuan tugas (satgas) literasi di daerah.

Halaman
123
Penulis: Misran Asri
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved