BC Meulaboh Tangkap Rokok Ilegal

Bea Cukai (BC) Kantor Meulaboh berhasil menyita 71.876 batang rokok ilegal di kawasan Aceh Selatan

BC Meulaboh Tangkap Rokok Ilegal
Serambi Indonesia
Pemusnahan Ratusan Ribu Rokok Ilegal, Kosmetik serta Pita Cukai Palsu 

* Sita 71.876 Batang

MEULABOH - Bea Cukai (BC) Kantor Meulaboh berhasil menyita 71.876 batang rokok ilegal di kawasan Aceh Selatan. Penangkapan itu dalam rangka penekan peredaran rokok ilegal di wilayah hukum BC Meulaboh. “Tim Gempur dari BC Meulaboh dibantu Satreskrim Polres Aceh Selatan berhasil mengamankan puluhan ribu batang rokok ilegal,” kata Humas BC Meulaboh, Eko Achmad Santoso dalam keterangan pers kepada wartawan di Meulaboh, Jumat (28/6).

Eko menjelaskan, tim gabungan dengan sandi gempur itu langsung turun ke lapangan dan memeriksa beberapa titik yang diduga beredar rokok ilegal, meliputi wilayah Tapaktuan, Labuhan Haji, Meukek, Sawang, Samadua, Kluet Utara, dan Pasie Raja. “Tim gabungan melakukan pemeriksaan terhadap 27 grosir toko. Sebanyak 5 grosir toko positif menjual rokok tanpa cukai atau ilegal,” ujarnya.

Dalam pemeriksaan tersebut, ucap Eko, tim gabungan berhasil mengamankan potensi kerugian negara yang diperkirakan sebesar Rp 23,3 juta dari perkiraan nilai barang sebesar Rp 38 juta dengan total 71.876 batang rokok ilegal. “Jenis rokok yang diamankan antara lain merk Luffman Silver, Luffman Merah, Super Bro, Sakura Fight, Sakura Mini black, Sakura Black, GED Filter, dan SM putih,” rincinya.

Humas Bea Cukai Meulaboh ini mengungkapkan, semua rokok ilegal hasil penangkapan tersebut kemudian dibawa oleh tim penindakan ke Kantor Bea Cukai Meulaboh untuk keperluan pengembangan dan penyelidikan. Ia menegaskan, operasi penindakan rokok ilegal atau rokok tanpa cukai dengan sandi gempur itu akan terus dilakukan di wilayah barat selatan Aceh yang menjadi wilayah kerja BC Meulaboh.

Pada bagian lain, Humas Bea Cukai (BC) Kantor Meulaboh, Eko Achmad Santoso membeberkan, sebelum beraksi di wilayah Aceh Selatan, pihaknya sudah duluan melakukan penindakan di Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya. Dalam operasi yang berlangsung pada pekan lalu itu, ucapnya, BC Meulaboh juga telah berhasil mengamankan sebanyak 8.280 batang rokok ilegal.

“Semua barang ilegal sitaan tersebut juga dibawa di Kantor Bea Cukai Meulaboh untuk penyelidikan lebih lanjut,” pungkasnya.(riz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved