Jadwal Keberangkatan CJH Aceh Berubah

Jadwal keberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) Aceh mengalami perubahan jadwal dari yang sebelumnya

Jadwal Keberangkatan CJH Aceh Berubah
FOTO/HUMAS KANWIL KEMENAG ACEH
DIREKTUR Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag RI, Sri Ilham Lubis, Kakanwil Kemenag Aceh, Drs HM Daud Pakeh, dan Kepala Biro Keistimewaan dan Kesra Setda Aceh, Zahrol Fajri SAg MH melihat menu makanan yang akan disajikan dalam pesawat saat keberangkatan dan kepulangan jamaah haji aceh, di Aula Asrama Haji, Banda Aceh, Selasa (25/6). 

* Kloter 1 Masuk Asrama 19 Juli

BANDA ACEH - Jadwal keberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) Aceh mengalami perubahan jadwal dari yang sebelumnya kelompok terbang (kloter) 1 masuk Asrama Haji Embarkasi Banda Aceh pada 23 Juli, dipercepat menjadi 19 Juli dan bertolak ke Tanah Suci keesokannya, 20 Juli.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh, Drs HM Daud Pakeh melalui Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Aceh, H Samhudi SSi menyampaikan informasi tentang perubahan jadwal itu kepada Serambi di Banda Aceh, Jumat (28/6).

Ia tambahkan, perubahan tersebut disampaikan berdasarkan hasil Rapat Pemantapan Kloter dan Jadwal Penerbangan Jamaah Haji Reguler 1440 H/2019 M yang dipimpin oleh Kepala Subdirektorat Transportasi dan Perlindungan Jamaah Haji Reguler Direktorat Pelayanan Haji Dalam Negeri Direktorat Jenderal PHU Kemenag RI, H Nurchalis ST MM, di Ruang Sidang I Ditjen PHU Kemenag, Kamis (27/6).

Menurut Samhudi, berdasarkan hasil rapat tersebut semua embarkasi mengalami perubahan jadwal pemberangkatan dan pemulangan. Bahkan, ada yang mengalami perubahan maskapai penerbangan.

“Alhamdulillah untuk Aceh sudah clear, tidak mengalami perubahan maskapai hanya perubahan jadwal dan tetap gelombang kedua,” sebutnya.

Terkait perubahan jadwal keberangkatan dan kepulangan, Samhudi menjelaskan hal itu karena adanya penambahan 10 ribu kuota jamaah haji Indonesia pada musim haji tahun ini.

“Dengan bertambahnya 10 ribu jamaah haji Indonesia, maka secara otomatis terjadi perubahan jadwal keberangkatan dan kepulangan dari rencana perjalanan haji yang telah ditetapkan,” kata Samhudi.

Pihaknya mengimbau Kankemenag kabupaten/kota se-Aceh untuk menyampaikan informasi tersebut kepada CJH di masing-masing wilayah, serta juga dapat segera menyesuaikan jadwal bimbingan manasik serta persiapan lainnya.

Ia menyebutkan tahun ini CJH Aceh berjumlah 4.393 jamaah ditambah dengan kuota tambahan 258 jamaah sehingga total 4.651 jamaah, yang dibagi dalam 12 kloter. Semua kloter berangkat dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, langsung ke Mekkah via Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved