Rutan Bireuen Sudah Over Kapasitas, Daya Tampung 87 Orang, Dihuni 447 Warga Binaan

Rumah Tahanan Negara (Rutan) Bireuen, kini sudah sangat over kapasitas. Rutan tersebut hanya menampung 87 warga binaan, tapi kini narapidana...

Rutan Bireuen Sudah Over Kapasitas, Daya Tampung 87 Orang, Dihuni 447 Warga Binaan
SERAMBINEWS.COM/FERIZAL HASAN
Rumah Tahanan Negara Bireuen, kini sudah over kapasitas. Rutan tersebut hanya mampu menampung 87 warga binaan, tapi kini dihuni narapidana dan tahanan mencapai 447 orang. 

Rutan Bireuen Sudah Sangat Over Kapasitas, Kapasitas 87 Orang, Dihuni 447 Warga Binaan

Laporan Ferizal Hasan I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Bireuen, kini sudah sangat over kapasitas. Rutan tersebut hanya mampu menampung 87 warga binaan, tapi sekarang dihuni narapidana dan tahanan mencapai 447 orang.

Dengan jumlah napi dan tahanan yang sudah sangat membludak, sangat rawan terjadinya kriminalitas atau pelarian warga binaan, seperti yang terjadi beberapa waktu lalu di rutan tersebut, maupun rutan-rutan lainnya di Aceh khususnya dan Indonesia.

Kepala Rutan Bireuen, Sofyan kepada Serambinews.com, Sabtu (29/6/2019) mengatakan, dalam rutan saat ini sudah kayak pasar malam.

Katanya, saat ini jangankan di dalam, di luarpun sudah tidak ada tempat tidur lagi. Sehingga siang dan malam suasana dalam rutan sudah seperti pasar.

Baca: Darwati A Gani Pimpin Pengprov ISSI Aceh

Baca: Kwarcab Pramuka Aceh Singkil Serahkan Bantuan Bagi Korban Kebakaran

Baca: Rekanan Proyek PLTM Lawe Sikap Diduga tak Bayar Retribusi Galian C, Ini Penjelasan BPKD Agara

Kondisi ini cukup rawan kriminalitas, sehingga harus esktra ketat penjagaannya.

"Hingga kini belum ada solusi untuk mengatasi over kapasitas. Salah satu solusinya Pemkab Bireuen harus segera membebaskan lahan untuk penambahan pembangunan ruangan rutan," kata Sofyan.

Terangnya, kalau lahan sudah ada, Kemenkum HAM tentunya akan dapat dan cepat memproses pembangunan Rutan Bireuen yang layak huni.

"Kalau sudah ada lahan, langsung kita usulkan pembangunannya ke Kanwil Kemenkum HAM Aceh dan Kemenkum HAM RI di Jakarta," pungkas Sofyan. (*)

Penulis: Ferizal Hasan
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved