Tugu Khatulistiwa Jadi Arena STQHN

Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument yang merupakan ikon wisata Kota Pontianak, Kalimantan Barat

Tugu Khatulistiwa Jadi Arena STQHN
ANTARA/JESSICA HELENA WUYSANG
DUA perempuan berfoto di depan mimbar berbentuk Tanjak Melayu yang akan digunakan untuk Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Ke-25 Tingkat Nasional di Alun-Alun Sungai Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (27/6). Acara yang diikuti ratusan qari dan qariah se- Indonesia akan berlangsung pada 28 Juni-5 Juli 2019. 

PONTIANAK - Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument yang merupakan ikon wisata Kota Pontianak, Kalimantan Barat, dijadikan arena Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis Nasional (STQHN) XXV. Kini, tugu tersebut ramai dikunjungi masyarakat, khususnya wisatawan luar daerah dan luar negeri.

Di lokasi tugu itu dijadikan arena lomba cabang Tahfiz 1 dan 5 juz tilawah. Menjelang dimulai kegiatan, tempat itu disulap lebih indah. Dimana podium dibuat berbentuk tugu. Panitia juga menyediakan banyak tempat duduk untuk masyarakat yang ingin menyaksikan penampilan peserta STQ.

“Selain dapat menyaksikan penampilan peserta STQ, warga juga bisa menyaksikan langsung tugu khatulistiwa. Jadi sekalian menikmati wisata yang ada di Pontianak, meski lokasinya sedikit jauh dari Kota dan dari arena lainnya,” ujar Azhari, Kabid Penaiszawa Kanwil Kemenag Aceh didampingi tim Admin E-MTQ Kanwil Kemenag Aceh, kemarin.

Tugu yang terletak di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, berjarak sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak, ke arah Kota Mempawah. Selain di Tugu Khatulistiwa, sejumlah tempat lainnya juga dijadikan arena STQ nasional yang diikuti oleh peserta dari seluruh Provinsi di Indonesia.

Untuk cabang Tahfiz (golongan tahfiz 10 dan 20 juz, putra/putri) lokasinya terletak di Masjid Raya Mujahidin. Cabang Tahfiz (golongan Tahfidz 30 juz dan tafsir bahasa Arab, putra/putri) lokasinya di Perpustakaan Universitas Tanjung Pura.

Sedangkan cabang Tilawah (golongan anak-anak dan dewasa) mengambil lokasi di Taman Alun-alun Kapuas, tempat pembukaan kegiatan. Untuk cabang Tahfiz (golongan hafalan Al-hadis 100 dengan sanad putra/putri dan hafalan Al-hadis tanpa sanad 500 putra/putri) berada di Aula IAIN Pontianak. Menurut informasi, semua cabang perlombaan tersebut akan di mulai pada Minggu (30/6) Juni 2019 pukul 08:00 WITA.

Sementara itu, pembukaan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis Nasional (STQHN) XXV akan dilaksanakan Sabtu (29/6) malam ini, di Taman Alun Kapuas. Dijadwalkan, pembukaan dilakukan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). STQHN ini akan berlangsung sampai 6 Juli 2019.

Kemarin, semua kafilah melakukan registrasi ulang dan verifikasi faktual. Sedangkan kafilah Aceh telah melakukan registrasi ulang dan semua peserta dinyatakan lolos dan lengkap administrasi di Gedung Pontianak Convetion Center (PCC).Ofisial STQHN Aceh, Ustaz Mardhatillah, sangat bersyukur karena semua peserta dapat mengikuti semua tahap perlombaan.(mis)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved