Breaking News:

Pembakaran Sampah Picu Kebakaran Ilalang di Gampong Lamteumen Timur

Meski tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, tapi kebakaran tersebut cukup menimbulkan kepanikan, karena dekat rumah-rumah warga.

Penulis: Misran Asri | Editor: Ansari Hasyim
Foto Kiriman Warga
Kebakaran ilalang di halaman SKB Lhokseumawe, Minggu (19/5/2019) malam. 

Laporan Misran Asri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kebakaran sampah yang tidak diawasi kembali memicu kebakaran semak belukar di Kota Banda Aceh, Sabtu sekitar pukul 21.35 WIB, (29/6/2019).

Kebakaran yang menimbulkan kepanikan itu, karena keberadaan lokasi kebakaran itu berdekatan dengan permukiman warga, tepatnya di pinggir Jalan Kampus Universitas Iskandar Muda (Unida), Gampong Lamteumen Timur, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota (DPKP) Banda Aceh, M Nurdin SSos, mengharapkan kesadaran masyarakat untuk tidak membakar sampah, jika tidak diawasi dan dipadamkan dengan sempurna karena dampaknya akan fatal.

Hal itu mengingat kondisi cuaca yang begitu panas belakangan ini dan lahan-lahan begitu kering, sehingga cepat memicu munculnya api, meski hanya bara dari puntung rokok.

Terkait kebakaran ilalang yang ditangani pihaknya tadi malam, petugas mendapat informasi ada kebakaran semak belukar yang sedang terjadi di depan Kampus Unida, persimpangan Jalan Abu Bakar, Gampong Lamteumen Timur.

"Begitu mendapat laporan tersebut petugas langsung bergerak ke lokasi," kata Nurdin kepada Serambinews.com.

Meski tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, tapi kebakaran tersebut cukup menimbulkan kepanikan, karena dekat rumah-rumah warga.

Baca: Donald Trump Menjadi Presiden Pertama Amerikat Serikat yang Menjejakkan Kaki di Korea Utara

Baca: Vanessa Angel Update Status Instagram Setelah Bebas, Singgung Perlakuan Mantan dan Ucap Terima Kasih

Baca: Ibu Muda ini Tidak Haid Selama 3 Bulan Karena KB, Saat Diperiksa Justru Didapati Rahimnya Membengkak

"Informasi yang dihimpun petugas kami dari saksi Munzihar (38) anggota Polri yang akan menuju ke Ulee Kareng dan melintas di jalan depan Kampus Unida," ujar Nurdin.

Pada saat melintas itulah saksi Munzihar melihat api sedang melumat semak belukar di lahan kosong tersebut, sehingga segera menghubungi petugas pemadam.

"Begitu mendapat informasi tersebut, petugas piket langsung bergerak ke lokasi dengan mengerahkan satu armada dari posko induk bergerak ke tempat kejadian. Alhamdulillah, sekitar pukul 22.00 WIB, api yang sedang membakar bak dah tersebut berhasil dipadamkan dan dilakukan pendinginan," tambah Kasi Pembinaan dan Pengembangan Tenaga Pemadam, Yudi SH.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved