Breaking News:

Ilalang Kembali Terbakar di Gampong Ateuk Jawo, Lagi-lagi Membakar Sampah Jadi Pemicunya

Eskalasi kebakaran ilalang beberapa hari terakhir begitu tinggi di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.

Penulis: Misran Asri | Editor: Yusmadi
For Serambinews.com
Petugas pemadam kebakaran Kota Banda Aceh memadamkan api yang membakar ilalang di Gampong Ateuk Jawo, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh, Senin (1/7/2019). 

Laporan Misran Asri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Eskalasi kebakaran ilalang beberapa hari terakhir begitu tinggi di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.

Prilaku masyarakat yang masih suka membakar sampah sembarangan tanpa mengawasi serta tidak memadamkan secara sempurna, menjadi pemicu utama kebakaran hutan dan lahan (karhutla) itu terjadi.

Di samping cuaca yang begitu panas, yang berdampak mengeringnya rumput-rumput, karhutla begitu mudah terjadi bila kebiasaan jelek masyarakat tidak dapat dijaga dengan membakar sampah sembarangan.

Bahkan hari ini ini BMKG mengingatkan potensi semak belukar rawan terbakar, karena suhu Aceh mencapai 35 derajat celcius.

Sepanjang hari ini saja, Senin (1/7/2019) Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh, mencatat sudah ada dua kejadian kebakaran semak belukar.

Peristiwa pertama terjadi sekitar 13.05 WIB, terjadi di Gampong Deah Raya, Kecamatan Syiah Kuala. Lalu, tidak berselang lama, sekitar pukul 17.30 WIB, peristiwa kebakaran kedua terjadi di Gampong Ateuk Jawo, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh.

Kepala DPKP Kota Banda Aceh, M Nurdin SSos mengungkapkan prilaku membakar sampah masih mendominasi, sehingga semak belukar di sejumlah tempat selama dua Minggu terakhir mudah terbakar.

Baca: Lagi, Kebakaran Ilalang Terjadi di Banda Aceh, Pembakaran Sampah Jadi Pemicunya

Baca: Pembakaran Sampah Picu Kebakaran Ilalang di Gampong Lamteumen Timur

Baca: Lagi, Ilalang Terbakar di Permukiman Padat Penduduk Banda Aceh, Diduga Akibat Pembakaran Sampah

Baca: Suhu Aceh Mencapai 35,8 Derajat Celcius, BMKG Ingatkan Semak Belukar Rawan Terbakar

Baca: Ilalang di Halaman SKB Lhokseumawe Terbakar, Warga Panik

"Kebakaran ilalang di Gampong Ateuk Jawo terjadi sekitar pukul 17.30 WIB, berlokasi di Jalan Alu Blang, Lorong Seroja, Gampong Ateuk Jawo Kecamatan Baiturrahman. Penyebabnya, karena ada yang membakar sampah," kata Nurdin kepada Serambinews.com.

Menurutnya, dari informasi dari saksi Martono (42) mengatakan melihat semak belukar yang ditumbuhi ilalang terbakar dengan munculnya asap tebal hitam disuaul api yang menjulang tinggi.

"Begitu kami mendapatkan laporan kebakaran itu, satu mobil pemadam dari pos induk langsung dikerahkan ke lokasi dan sekitar pukul 17.55 WIB, api berhasil dipadamkan dan dilakukan pendinginan sebelum petugas kembali ke pos," tambah Kasi Pembinaan dan Pengembangan Tenaga Pemadam Kebakaran Yudi SH.

Ia menjelaskan pemadaman ikut dibantu Polsek Baiturrahman dan koramil setempat dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved