Pencalonan Pj Imum Mukim Diprotes Calon Kandidat,  Ini Jawaban Panitia Pemilihan

Pencalonan Pj Imum Mukim di Keudee Lueng Putu, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya (Pijay) menuai protes keras dari salah satu kandidat.

Pencalonan Pj Imum Mukim Diprotes Calon Kandidat,  Ini Jawaban Panitia Pemilihan
Serambinews.com
Drs Tgk Jama'ah Ahmad. 

Laporan Idris Ismail | Pidie Jaya 

SERAMBINEWS.COM, MEUREUDU - Pencalonan Pj Imum Mukim di Keudee Lueng Putu,  Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya (Pijay) menuai protes keras dari salah satu kandidat yaitu Drs Tgk Jama'ah Ahmad. 

Pemilihan imum mukim itu direncanakan Selasa (2/7/2019), di kantor camat setempat, bersamaan dengan pemilihan yang sama terhadap imum mukim Lancok dan Cubo. 

"Secara aturan dan ketentuan, pencalonan kembali Pj imum mukim tidak boleh dilakukan,"sebut Jama'ah Ahmad kepada Serambinews.cim,  Senin (1/7/2019). 

Menidaklanjuti persoalan ini, pihaknya meminta panitia pelaksana pemilihan imum mukim di kecamatan itu untuk mengkaji kembali. 

“Karena hal ini akan merusak tatanan demokrasi terutama di tingkat mukim ini,” katanya. 

Sepanjang diketahui,  Pj imum mukim bertugas hanya sebatas mempersiapkan peserta calon imum mukim untuk dipilih oleh perwakilan dari setiap gampong menjadi imum mukim definitif. 

"Jadi, bukan justru mempersiapkan diri dalam mengambil momen ini untuk dapat menjadi pemimpin di mukim. Saya minta panitia pelaksana agar mengevaluasi, sebelum berdampak terhadap gugatan hukum nantinya,"kata Jama’ah Ahmad. 

Menanggapi desakan tersebut, ketua pantitia pelaksana pemilihan imum mukim Keudee Lueng Putu, Abdullah, kepada Serambinews.com, Senin (1/7/2019) mengatakan, pencalonan mantan Pj imum mukim,  Abubakar telah sesuai dengan prosedur dan mekanisme. 

"Beliau (Abubakar)  secara  resmi telah mengajukan surat pengunduran diri dari Pj imum mukim jauh hari sebelumnya," jelasnya. 

Karena itu, kata Abdullah, yang bersangkutan berhak mencalonkan diri untuk dipilih dalam pemilihan imum mukim secara serentak yang digelar Selasa (2/7/2019)  di kantor Camat Bandar Baru.(*) 

Baca: Marah-marah Saat Diperiksa Polisi, Wanita Bawa Masuk Anjing ke Masjid Diduga Alami Gangguan Jiwa

Baca: Klasemen MotoGP 2019 Setelah GP Belanda, Marquez Kokoh di Puncak, Dovizioso Posisi 2 dan Rossi 5

Baca: Begini Kondisi Bayi Gizi Buruk Asal Aceh Timur, Mulanya tak Ada ASI, Lalu Diberi Air Gula

Baca: Ini 11 Janji Jokowi untuk Aceh

Penulis: Idris Ismail
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved