Breaking News:

Direktur Poltas : Tantangan Kita Untuk Atasi Pengangguran

Direktur Politeknik Aceh Selatan (Poltas), Dr Muhammad Yasar STP MSc menyebutkan bahwa tantangan terbesar kita di Aceh Selatan saat ...

For Serambinews.com
Direktur Politeknik Aceh Selatan (Poltas), Dr Muhammad Yasar STP MSc sedang memberikan motivasi kepada mahasiswa pada acara yang digelar oleh Akar Muda bersama BNN Kabupaten Aceh Selatan dalam rangka memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) di Gedung Rumoh Agam, Tapaktuan, Aceh Selatan, Senin (1/7/2019). 

Direktur Poltas : Tantangan Kita Atasi Pengangguran

Laporan : Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBIMEWS.COM, TAPAKTUAN - Direktur Politeknik Aceh Selatan (Poltas), Dr Muhammad Yasar STP MSc menyebutkan bahwa tantangan terbesar kita di Aceh Selatan saat ini adalah mengatasi pengangguran yang angkanya berada di atas rata-rata provinsi dan nasional. 

"Menurut data BPS, angka pengangguran Nasional 5,5 persen, Aceh 8,14 persen, dan Aceh Selatan berada pada angka 10 persen. Hal ini lebih disebabkan oleh terbatasnya lapangan kerja, lemahnya skill, keterbatasan informasi, lapangan kerja yang tidak merata, adanya kebijakan pemerintah yang kurang tepat sasaran dan rendahnya upaya ke arah peningkatan skill pencari kerja," kata Yasar.

Ungkapan tersebut disampaikan dihadapan 700 peserta pesta motivasi yang digelar oleh Akar Muda bersama BNN Kabupaten Aceh Selatan dalam rangka memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) di Gedung Rumoh Agam Tapaktuan, Aceh Selatan Senin, (1/7/2019).

"Disinilah peran strategis Politeknik Aceh Selatan selaku institusi pendidikan tinggi di bidang vokasi yang konsen pada penguasaan keterampilan atau skill siap pakai. Para lulusan Poltas tidak disiapkan dengan mindset menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tetapi lebih kepada pengembangan diri yang berbasis entrepreneur," paparnya.

Menurut Yasar, negara-negara maju itu sistem pendidikannya lebih didominasi oleh pendidikan vokasi. Jadi kalau kita mau maju tentunya kita juga harus memberi porsi yang tinggi pada sistem pendidikan vokasi atau ilmu terapan ini.

Baca: BREAKING NEWS : Satu Unit TPA di Lamno Terbakar

Baca: DPRK Aceh Besar Apresiasi Predikat WTP ke Tujuh Kali

Baca: Koperasi Gampong Lewat BUMG Perlu Terus Dikembangkan

"Dan untuk membangun sistem pendidikan itu ibarat mendayung perahu ke hulu, jika tidak maju ya pasti akan terhanyut ke hilir. Untuk itu perlu dukungan penuh oleh semua pihak terutama Pemerintah khususnya di Kabupaten Aceh Selatan," paparnya.

Acara yang dibuka oleh Wakil Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran itu turut diisi oleh Motivator Muda Nasional Wandra dan penampilan musisi milenial Aceh, Rialdoni.

Dalam sambutan pembukaannya, Tgk Amran meminta kepada seluruh generasi muda khususnya di Aceh Selatan untuk menjauhi narkoba.

"Mari kita gali potensi, raih prestasi dan sehat tanpa narkoba," ajak Wabup Aceh Selatan.(*)

Penulis: Taufik Zass
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved