DRKA Sosialisasi KIA untuk Keuchik Banda Aceh

Dinas Registrasi Kependudukan Aceh (DRKA), Senin (1/7), menggelar kegiatan Sosialisasi Informasi Kebijakan Administrasi Kependudukan

DRKA Sosialisasi KIA untuk Keuchik Banda Aceh
Nurdin F Joes

BANDA ACEH - Dinas Registrasi Kependudukan Aceh (DRKA), Senin (1/7), menggelar kegiatan Sosialisasi Informasi Kebijakan Administrasi Kependudukan terkait Kartu Identitas Anak (KIA), yang diikuti para kepala desa (keusyik) di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh. Kegiatan itu dibuka Sekretaris DRKA HM Amin SSos MM di Hotel Kyriad Muraya Banda Aceh dengan narasumber Kadisdukcapil Kota Banda Aceh Dra Emila Sovayana.

Ketua panitia sosialisasi KIA H Nurdin F Joes MM yang juga Kabid Pendaftaran Penduduk DRKA mengatakan, kegiatan ini menjadi sangat penting untuk memberikan hak konstitusional bagi anak-anak Aceh mendapatkan KIA.

Dengan kepemilikan KIA, akan memudahkan anak-anak mendapatkan pelayanan publik baik bidang pendidikan, kesehatan, perbankan, keimigrasian maupun bidang lainnya.

Dengan KIA, anak-anak akan memiliki identitas resmi dan itu menjadi penting untuk mendapatkan pelayanan publik berbagai bidang. Misalnya, dengan KIA anak-anak akan dapat membuka buku tabungan di bank atas namanya sendiri.

Sebagai ibu kota provinsi, Banda Aceh diharapkan menjadi etalase di Aceh sebagai pelaksana pendataan dan penerbitan KIA secara tertib bagi anak-anak.

Di Banda Aceh, menurut F Joes, gerakan penerbitan KIA sudah diketahui luas oleh masyarakat. Apalagi, Disdukcapil Kota Banda Aceh sudah menyahuti program wali kota tentang gerakan Kecamatan Layak Anak dan Gampong Ramah Anak. Salah satu parameternya, pada wilayah tersebut terpenuhinya akta kelahiran dan KIA bagi setiap anak.

Di sisi lain, Wali Kota Banda Aceh H Aminullah Usman juga sudah melaunching gampong ramah anak dengan menyerahkan langsung KIA untuk anak-anak Banda Aceh.

F.Joes juga menambahkan, dengan kegiatan sosialasi dimaksud, DRKA mencoba menjadikan Banda Aceh sebagai pilot project pelaksanaan tertibnya penerbitan KIA bagi anak-anak.(sak)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved