Dua Rumah Terbakar di Kampung Kemili

Dua rumah warga di Lorong Rumah Gajah, Kampung Kemili, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, Senin (1/7) sekira pukul 11.30 WIB

Dua Rumah Terbakar di Kampung Kemili
SERAMBI/MAHYADI
TERBAKAR - Rumah warga Lorong Rumah Gajah, Kampung Kemili, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, Senin (1/7) sekira pukul 11.30 WIB, hangus dilahap si jago merah. SERAMBI/MAHYADI 

TAKENGON - Dua rumah warga di Lorong Rumah Gajah, Kampung Kemili, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, Senin (1/7) sekira pukul 11.30 WIB, dilahap si jago merah. Insiden kebakaran tersebut sempat menghanguskan sebagian bangunan rumah milik para korban, namun api cepat dipadamkan sehingga tidak menjalar ke rumah warga lainnya.

Lokasi terjadinya musibah kebakaran itu berada di kawasan padat penduduk. Ditambah lagi, sebagian rumah warga di Lorong Rumah Gajah masih berkonstruksi papan, sehingga sangat rawan dilahap api. Beruntung, aksi cepat petugas pemadam kebakaran bisa menghalau kobaran api yang sempat marak hingga memunculkan asap hitam yang mengepul ke udara.

Sontak kejadian itu menjadi perhatian warga karena lokasi kebakaran berada di Pusat Kota Takengon. Hanya berselang beberapa menit setelah kejadian, sejumlah unit mobil damkar telah berada di lokasi. Pasalnya, jarak antara posko pemadam kebakaran dengan tempat kejadian hanya sekitar satu kilometer.

Salah seorang keluarga korban, Yuni kepada Serambi menuturkan, musibah kebakaran itu, melahap bagian dapur rumah milik orang tuanya. “Begitu tahu, rumah Mamak saya terbakar, saya langsung lari ke pemadam untuk melaporkan kejadian itu. Beberapa saat kemudian, petugas pemadam sudah tiba di lokasi,” kata Yuni.

Akibat musibah itu, lanjutnya, lantai dua bagian dapur hangus terbakar, termasuk barang-barang, seperti alat elekronik, pakaian, kasur serta beberapa harta benda lainnya. “Kalau pemadam tidak cepat datang, saya juga tidak tahu bagaimana jadinya. Begitupun, banyak barang-barang yang sempat hangus dilahap api,” ujarnya.

Sementara itu, Reje (keucik) Kampung Kemili, Jamaluddin, menambahkan, musibah kebakaran yang terjadi di Lorong Rumah Gajah, milik M Jali dan Rasmini. Meski hanya dua rumah yang tertimpa musibah, namun ada lima Kepala Keluarga (KK) yang terkena dampak. “Di rumah milik M Jali dihuni dua KK, sedangkan di rumah milik Rasmini didiami tiga KK,” jelas Jamaluddin.

Jamaluddin mengaspresiasi petugas pemadam kebakaran yang cepat menangani insiden kebakaran itu. Pasalnya, lokasi kejadian berada di kawasan padat penduduk sehingga berpotensi api menjalar ke rumah warga lainnya. “Ditambah lagi cuaca panas serta tiupan angin lumayan kencang. Kalau tidak cepat, mungkin dampaknya bisa lebih besar,” tuturnya.

Paska kejadian, tambah Jamaluddin, ia sudah berkoordinasi dengan pihak terkait, untuk penanganan para korban. Termasuk, terkait dengan bantuan masa panik serta kebutuhan lainnya bagi para korban kebakaran. “Tadi Bupati Aceh Tengah sudah datang langsung ke lokasi. Hanya tinggal menunggu bantuannya saja,” pungkasnya.(my)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved