Penambangan Batu Gajah Ditutup

Tim gabungan dari Polres Aceh Jaya, Satpol PP, BPKD, serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP

Penambangan Batu Gajah Ditutup
IST
Truk pengangkut batu gajah melintasi ruas jalan Kuala Tuha, Kecamatan Kuala Pesisir hingga ke Lamie, Kecamatan Darul Makmur, Minggu (26/11/2017). Akibatnya ruas jalan itu rusak parah di beberapa titik. 

* Tidak Mengantongi Izin

CALANG - Tim gabungan dari Polres Aceh Jaya, Satpol PP, BPKD, serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh Jaya melakukan penertiban terhadap galian C atau penambangan batu batu gajah ilegal di kawasan Gunung Kuali, Desa Lhok Geulumpang, Kecamatan Setia Bakti, Senin (1/7). Tim yang dikomandoi Kasatpol PP Aceh Jaya, Supriadi itu menemukan alat berat dan aktivitas di lokasi galian C tersebut.

Kepada awak media, Supriadi mengatakan, kedatangan pihaknya bersama dengan beberapa dinas terkait dan aparat keamanan untuk melakukan penghentian galian C yang tidak memiliki dokumen perizinan alias ilegal.

“Kedatangan tim gabungan terpadu bentukan Pemkab Aceh Jaya ini untuk menghentikan aktivitas galian C di lokasi ini. Karena pemilik galian C itu tidak bisa menunjukkan dokumen izin galian di lokasi tersebut,” jelasnya.

Supriadi menambahkan, untuk saat ini tindakan yang diambil oleh pihaknya hanya berupa menghentikan aktivitas penambangan batu gajah. Untuk selanjutnya, tukas dia, tim gabungan akan melaporkan temuan galian C ilegal ini kepada Bupati Aceh Jaya, T Irfan TB. “Tindakan yang kita lakukan hanya menghentikan saja, setelah itu kita laporkan ke Bupati,” ungkapnya.

Baru Beroperasi Satu Bulan
Sementara itu, salah seorang pekerja yang juga merupakan warga Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya mengaku, jika dirinya tidak tahu bahwa lokasi galian C tersebut tidak berizin. Menurutnya, lokasi galian C itu baru beroperasi selama satu bulan dengan perkiraan batu gajah yang dikeluarkan sekitar 100 truk.

“Kurang tahu bang, kalau yang sudah diambil ada 100 truk kalau tidak salah. Kalau izin, saya tidak tahu karena saya cuma kerja di sini bang,” tandasnya.(c52)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved