Salam

Reformasi BAS Jangan Cuma Mengganti Direksi

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah MT menjanjikan segera menghadirkan wajah baru Bank Aceh Syariah (BAS)

Reformasi BAS Jangan Cuma Mengganti Direksi
Nasabah mengantre di Kantor baru Bank Aceh Syariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Darussalam di Jalan T Nyak Arief Nomor 314 Darussalam, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh yang baru diresmikan, Senin (9/1). SERAMBI/MAWADDATUL HUSNA 

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah MT menjanjikan segera menghadirkan wajah baru Bank Aceh Syariah (BAS). Dalam waktu sepekan ke depan bank milik Pemerintah Aceh itu akan direformasi, sehingga menjadi lebih bersih, transparan, dan mengubah portofolionya menjadi bank yang mengalokasikan pembiayaan maksimal pada sektor ekonomi prioritas, di antaranya pertanian, perkebunan, perikanan, dan pariwisata.

Pertama kita sangat setuju atas rencana itu yang sebetulnya sudah lama kita nantikan. Sejak bertahun-tahun lalu masyarakat Aceh, khususnya nasabah BAS menginginkan bank milik Pemerintah Aceh ini bisa berkinerja lebih baik. Nasabah harus diberi banyak kemudahan menggunakan fasilitas BAS.

Contoh sederhana, beberapa waktu lalu ada nasabah BAS yang mengeluh karena kartu debit BAS (ATM) belum bisa digunakan untuk berbelanja di banyak tempat seperti kemudahan yang ada pada kartu-kartu debit bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri, dan lain-lain.

Oleh karenanya, refotrmasi BAS ini kita tidak berharap muluk-muluk, tapi kita ingin performa BAS dalam memberi pelayanan kepada nasabah harus lebih baik, terutama layanan digital banking. Terus terang, mesin-mesin ATM milik BAS sudah sangat ketinggalan zaman. Makanya, reformasi yang ingin dilancarkan dalam pekan ini hendaknya bukan cuma ingin mengganti pengurus (komisaris dan direksi) tapi juga harus meningkatkan kinerja, mulai pelayanan hingga kontribusi permodalan bagi masyarakat kecil.

Kita mendorong itu karena kita sangat percaya bahwa BAS ke depan akan lebih maju dan lebih berperan dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah. Seperti dikatakan pengamat ekonomi syariah dari United Nations Development Programme (UNDP), Greget Kalla Buana menggarisbawahi pertumbuhan perbankan syariah secara umum mengalami peningkatan. Sektor terdepan dalam keuangan syariah ini masih memiliki ruang yang sangat luas untuk lebih berkembang. “Perbankan syariah secara umum semakin kuat dalam melindungi nasabah dan menjaga stabilitas keuangan secara keseluruhan,” kata Greget.

Greget menyampaikan agar bank syariah terus bertumbuh perlu adanya terobosan-terobosan yang secara efektif dapat meningkatkan preferensi atau selera masyarakat terhadap bank syariah. Beberapa hal yang bisa diupayakan, antara lain adalah keragaman produk dan kualitas layanan kepada nasabah.

Selain itu, pemanfaatan teknologi menjadi salah satu strategi mengingat populasi milenial yang semakin bertambah dan akan mendominasi dalam beberapa tahun ke depan. Mereka yang terlahir sebagai digital natives atau technoholics tentu akan lebih memilih digital banking.

Meningkatnya jumlah pengguna internet dan sosial media merupakan potensi sekaligus tantangan bagi perbankan syariah. Di sisi lain, terjadi perkembangan teknologi finansial (tekfin) yang cepat dan mengubah perangai pangsa pasar perbankan. Oleh karena itu, Banl Aceh Syariah harus segera berinovasi menciptakan layanan yang sesuai dengan kebutuhan saat ini, seperti digital banking.

Perbankan syariah juga perlu melakukan kolaborasi dengan syariah fintech company guna menjangkau masyarakat yang berada di remote area melalui kerja sama agen Laku Pandai dan layanan transaksi syariah bagi generasi masa kini yang saat ini memiliki semangat berhijrah sangat besar.

Selain itu, para ahli dan pengamat perbankan syariah sering mengemukakan banyak kendala dalam pengembangan perbankan syariah. Antara lain, produk-produk yang ditawarkan bank syariah tidak beragam. Lalu, service level masih kalah jauh dibandingkan dengan bank konvensional.

Kemudian, di samping orientasi dan kompetensi bankir syariah dalam mengembangkannya juga masih ada masalah integritas masa lalu (masa bertugas di bank konvensional). Namun, bank-bank syariah yang dimenej dengan tatakelola yang baik, hasilnya seperti yang sampai saat ini punya kinerja sangat baik. Semoga BAS maju terus!

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved