Singkil Gelar Pilchiksung Serentak

Sebanyak 26 desa di Kabupaten Aceh Singkil akan menggelar pemilihan keuchik secara langsung (pilchiksung) serentak pada 3 November mendatang

Singkil Gelar Pilchiksung Serentak
Sriwijaya Post/net
Ilustrasi 

SINGKIL - Sebanyak 26 desa di Kabupaten Aceh Singkil akan menggelar pemilihan keuchik secara langsung (pilchiksung) serentak pada 3 November mendatang. Informasi yang dihimpun Serambi, desa yang akan mengadakan pilchiksung masing-masing di Kecamatan Singkil, yaitu Desa Teluk Ambun, Rantau Gedang, dan Selok Aceh.

Kemudian, pada Kecamatan Gunung Meriah meliputi Desa Bukit Harapan, Rimo, Blok 31, Sping Baru, Pertampakan, serta Sianjo-anjo Meriah. Lalu, di Kecamatan Simpang Kanan, yaitu Desa Kuta Batu, Pakiraman, Lae Riman, Tanjung Mas, dan Pertabas. Selanjutnya, Kecamatan Kota Baharu, yakni Desa Lentong, Samar Dua, serta Ladang Bisik.

Seterusnya, Kecamatan Suro, yaitu Desa Siompin, Lae Bangun, dan Bulu Ara. Untuk Kecamatan Singkohor mencakup Desa Lae Pinang, Singkohor, dan Desa Mukti Jaya. Terakhir di Kecamatan Pulau Banyak Barat, yaitu Desa Asantola, Ujung Sialit, serta Desa Suka Makmur.

Sekda Aceh Singkil, Drs Azmi mengingatkan, instansi terkait di jajarannya seperti Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Bagian Pemerintahan, dan kecamatan untuk melakukan pengawasan secara ketat proses pilchiksung sejak dari tahap persiapan. Sebab, tukas Sekda, sukses tidaknya pemilihan keuchik itu ditentukan sejak proses dari awal.

“Persyaratan sukses tidaknya pilchiksung ditentukan sejak awal. Jika ada kekeliruan, dari awal inilah yang menjadi penyebab munculnya kegaduhan dan menimbulkan perselisihan,” kata Sekda saat membuka rapar koordinasi persiapan Pilkades serentak tahap II di Kabupaten Aceh Singkil, Senin (1/7), di ruang rapat Setdakab setempat.

Permasalahan lain yang harus diantisipasi, jelas Azmi, adalah anggaran pemilihan kepala desa. Anggaran, sebutnya, harus terinci dengan jelas sumber pembiayaan serta besarannya. “Pembiayaan harus jelas dan sesuai aturan,” tukas Sekda.(de)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved