Pemerintah Aceh Godok Jubir Baru

Pemerintah Aceh saat ini sedang menggodok atau menyeleksi jabatan juru bicara (jubir)

Pemerintah Aceh Godok Jubir Baru
FOR SERAMBINEWS.COM
RAHMAT RADEN,Karo Humas dan Protokol 

* Sahuti Surat Edaran Mendagri

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh saat ini sedang menggodok atau menyeleksi jabatan juru bicara (jubir). Dua orang yang terpilih nantinya akan ditetapkan dalam surat keputusan (SK) terbaru, sesuai dengan instruksi atau surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Rahmat Raden, yang dikonfirmasi Serambi Selasa (7/2), membenarkan hal itu. “Iya benar, kita sedang melakukannya (seleksi calon jubir), sedang penjajakan dengan pimpinan,” katanya.

Dia menjelaskan, penggodokan kembali juru bicara Pemerintah Aceh itu sesuai dengan perintah Mendagri dalam surat edaran tanggal 6 Mei 2019 nomor 480/3503/SJ yang ditandatangani oleh Mendagri, Tjahjo Kumolo. “Ini memang karena ada surat edaran Mendagri, surat itu juga sudah kita sampaikan ke Bapak (Plt Gubernur), maka sekarang prosesnya sedang dibicarakan,” imbuhnya.

Lantas bagaimana dengan nasib dua Jubir Pemerintah Aceh yang sedang menjabat selama ini, yaitu Saifullah Abdulgani dan Wiratmadinata? Menurut Rahmat Raden, selama proses seleksi jubir baru sedang berlangsung, Saifullah Abdulgani alias SAG dan Wiratmadinata masih menjabat sebagai Jubir Pemerintah Aceh.

“Bisa jadi nanti, jubir yang baru adalah jubir yang lama, kita belum tahu karena itu keputusan di atas. Intinya sementara ini jubirnya masih Pak SAG dan Pak Wira, karena SK keduanya kan belum dicabut,” ucap Rahmat.

Seperti diketahui, SAG dan Wiratmadinata ditunjuk sebagai Jubir Pemerintah Aceh pada Januari 2018 saat Irwandi dan Nova menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022. Aceh, bisa disebut pioner dalam penunjukan jabatan jubir pemerintah. “Mungkin surat edaran itu nyontek kita juga, kita sudah setahun lebih punya jubir, baru kemudian Mendagri keluarin surat edaran tersebut,” kata Rahmat.

Ditanya Serambi apakah ada sejumlah nama yang mulai dijagokan di internal Pemeirntah Aceh untuk posisi jubir tersebut? Rahmat mengakui belum ada nama-nama yang muncul. “Saat ini masih dalam penjajakan, belum ada nama. Saya pikir tidak perlu buru-buru,” pungkasnya.

Sejumlah nama dari kalangan internal Pemerintah Aceh dan eksternal mulai mencuat dan disebut-sebut masuk bursa calon Juru Bicara Pemerintah Aceh. Isu ini juga mulai hangat dibicarakan di kalangan-kalangan tertentu.

Sumber terpercaya Serambi menyebutkan, ada sejumlah nama di internal Pemerintah Aceh yang mencuat, di antaranya seperti Staf Ahli Gubernur, Iskandar AP, mantan Kepala Inspektorat, Syahrul Badrudin, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian (Diskominsa) Aceh, Marwan Nusuf.

Bahkan Kepala Biro Humas dan Protokoler Setda Aceh, Rahmat Raden juga termasuk. Demikian juga Saifullah Abdulgani dan Wiratmadinata (Jubir Pemerintah Aceh sekarang).

Sedangkan dari eksternal Pemerintah Aceh, ada nama mantan Ketua KNPI, Jamaluddin, Jaka Rasyid, dan Sekretaris Partai Demokrat, Iqbal Farabi. “Itu nama-nama yang mulai disebut-sebut, tapi saya tidak tahu juga apa demikian. Hanya informasi saja, bisa jadi salah bisa jadi benar demikian,” kata sumber Serambi yang tak ingin namanya disebutkan itu.(dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved