Lahan di Tepi Jalan Banda Aceh-Meulaboh Terbakar, Petugas Alami Kendala Pemadaman

Lahan di pinggir Jalan Banda Aceh-Meulaboh, Gampong Mon Ikuen, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Rabu (3/7/2019) sekitar pukul 20.25 WIB, terbakar.

Lahan di Tepi Jalan Banda Aceh-Meulaboh Terbakar, Petugas Alami Kendala Pemadaman
For Serambinews.com
Petugas pemadam BPBD Aceh Besar sedang memadamkan lahan yang terbakar di pinggir Jalan Banda Aceh-Meulaboh, Gampong Mon Ikeun, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Rabu (3/7/2019) malam. 

Lahan di Tepi Jalan Banda Aceh-Meulaboh Terbakar, Petugas Alami Kendala Pemadaman

Laporan Misran Asri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Lahan di pinggir Jalan Banda Aceh-Meulaboh, Gampong Mon Ikuen, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Rabu (3/7/2019) sekitar pukul 20.25 WIB, terbakar.

 Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, tapi kebakaran lahan kosong tersebut terpantau ada enam titik dari atas bukit.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Aceh Besar, Farhan AP yang langsung memimpin pemadaman itu mengatakan begitu mendapat informasi kebakaran di pinggir jalan nasional itu, dirinya beserta petugas pemadam langsung bergerak ke lokasi.

"Kebakaran lahan kosong itu terjadi persis di samping pabrik semen PT SAI Lhoknga," kata Farhan.

Begitu tiba di lokasi, kata Farhan, pihaknya melihat ada enam titik api yang terpantau di atas bukit dan satu titik di antaranya berada di dalam area pabrik semen tersebut dan berdekatan dengan Kuwari 2.

"Beberapa minggu terakhir, kebakaran hutan dan lahan sangat marak. Kami minta masyarakat untuk tidak membakar sampah sembarangan, karena sedikit saja ada bara api bisa menimbulkan dampak yang cukup besar," ungkap Farhan.

Didampingi Iqbal, petugas Pusdalops-PB BPBD Aceh Besar, Farhan menerangkan ada seluas 1 hektare lahan yang terbakar dan tersebar di enam titik tersebut.

"Untuk penyeban kebakaran kami menduga akibat pembakaran sisa tumpukan kulit kelapa muda," sebut Farhan.

BPBD Aceh Besar, lanjut Farhan, mengerahkan dua unit armada pemadam kebakaran ke lokasi kejadian yang didatangkan dari pos Peukan Bada dan pos induk Sibreh.

Baca: Posisi Karimun Digoyang, Jabatan Ketua DPD akan Direbut Kader Non Partai

Baca: Facebook, Instagram, dan WhatsApp Tumbang Lagi Malam Ini

Baca: Ketua TKD Aceh Jawab Tudingan Forkab, Irwansyah: Yang Sopan Bicara

"Di lokasi kejadian petugas mengalami kesulitan saat proses pemadaman, di karenakan titik api yang jauh dan medan yang berbukit dan terjal. Sehingga petugas kesulitan untuk menjangkau beberapa titik api di lokasi," sebut Farhan.

Petugas melakukan pemadaman di beberapa titik yang bisa dijangkau dan melakukan blokade api agar tidak terus meluas.

"Untuk mengantisipasi petugas saat ini masih siaga di lokasi kejadian, karena ada beberapa titik yang masih terlihat mengeluarkan api," pungkas Farhan.

Dalam penanganan tersebut petugas pemadam BPBD Aceh Besar ikut didampingi koramil dan  polsek setempat serta unsur security dari PT SAI.(*)

Penulis: Misran Asri
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved