Tak Berfungsi, Warga Pijay Desak Bongkar Instalasi Biogas Bantuan Dinas ESDM Aceh

Instalasi biogas skala RT di dua kecamatan di Pijay itu dibangun sejak Desember 2018 lalu dengan sumber dana Otonomi Khusus (Otsus) 2018.

Tak Berfungsi, Warga Pijay Desak Bongkar Instalasi Biogas Bantuan Dinas ESDM Aceh
Serambinews.com
Dua warga Gampong Rhieng Blang, Kecamatan Meureudu, Pidie Jaya, memperhatikan instalasi biogas yang tidak berfungsi sejak tujuh bulan terakhir, Kamis (4/7/2019). 

Laporan Idris Ismail | Pidie Jaya 

SERAMBINEWS.COM, MEUREUDU - Puluhan Warga Kecamatan Meureudu dan Bandar Dua,  Pidie Jaya mendesak Pemerintah Aceh membongkar pembangunan 62 unit instalasi  biogas skala Rumah Tangga (RT) yang hingga tujuh bulan terpasang, tidak berfungsi sama sekali. 

Sebagaimana penelusuran Serambinews.com, pembangunan instalasi biogas skala RT di dua kecamatan di Pijay itu dibangun sejak Desember 2018 lalu dengan sumber dana Otonomi Khusus (Otsus) 2018.

Jumlah dana pagu kontraknya Rp 1.650.000.000, yang dikerjakan oleh CV Karya Tama Banda Aceh. 

"Sejak Desember 2018 lalu hanya berfungsi saat uji coba saja. Namun sampai tujuh bulan terakhir ini sama sekali tak dapat berfungsi lagi, "sebut Mardaini Hasan didampingi Darmisra, penerima bantuan asal Gampong  Rhieng Blang,  Kecamatan Meureudu, Pijay, kepada Serambinews.com,  Kamis (4/7/2019). 

Menurut Mardaini (56), akibat bantuan ini tidak berfungsi,  masyarakat telah dirugikan dengan program pemerintah yang tidak bermanfaat. 

Buktinya, setelah instalasi ini dibangun, tidak ada pengawasan berkelanjutan. Sehingga warga merasa dikelabui oleh pemerintah.

"Karena tak berfungsi, kotoran ternak yang dijadikan bahan baku biogas, sangat mengganggu kenyamanan warga. Kami mendesak Dinas ESDM Aceh untuk membongkar fasilitas ini, agar lahan yang ada bisa kami fungsikan untuk kebutuhan lain," jelasnya.

Kepala Bagian (Kabag)  Perekonomian Setdakab Pijay,  Dra Hj Cut Bahraini MM kepada Serambinews.com, secara terpisah mengatakan,  pihaknya belum mendapat laporan warga atas tidak berfungsinya instalasi biogas tersebut.

"Saya segera menyampaikan laporan ke Dinas ESDM Aceh agar segera ditindaklanjuti," katanya.(*)

Baca: Pemkab Pijay Teken MoU Soal Pabrik Biogas

Baca: Frank Lampard Resmi Jadi Pelatih Chelsea, Dikontrak Tiga Tahun, Per Musim Dibayar Rp 71,1 Miliar

Baca: Pencairan Gaji 13 PNS di Pidie Tuntas, Nilainya Capai Rp 36 Miliar

Baca: Tiga Peserta STQHN Aceh Lolos ke Final, Ini Nama-namanya

Baca: Pengedar Narkoba Tembak Polisi yang Menyamar Jadi Pembeli, Lalu Dibalas Kena di Dada dan Tewas

Penulis: Idris Ismail
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved