Breaking News:

Forum Keuchik Lhoksukon Adakan Bimtek bagi Aparatur Desa dan Tuha Peut

Forum Keuchik Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara mengadakan Bimbingan teknis (Bimtek) bagi aparatur gampong

Editor: bakri

LHOKSUKON - Forum Keuchik Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara mengadakan Bimbingan teknis (Bimtek) bagi aparatur gampong dan tuha peut dalam lima tahap di Lhokseumawe yang bersumber dari Dana Desa.

Bimtek tersebut bekerjasama dengan Lembaga Pusat Pendidikan dan Pelatihan Managemen Aparatur Pemerintahan (P3MAP). Tahap I dan II diadakan di Hotel Diana Lhokseumawe, kemudian tahap III di Lido Graha Hotel Lhokseumawe, tahap IV kembali diadakan di Hotel Diana, dan tahap V di Hotel Rajawali.

Kegiatan itu dibuka Asisten I Dayan Albar mewakili Bupati Aceh Utara. Ikut hadir dalam kegiatan itu unsur muspika Lhoksukon. Sedangkan pesertanya, antara lain dari tuha peut berjumlah 504 orang, yang berasal dari 72 gampong (tiap gampong 7 orang).

Selain itu para aparat desa. “Dari 75 gampong di Lhoksukon, tiga desa di antaranya yang tidak ikut, yaitu Gampong Dayah LT, Alue Itam Baroh dan Buket Sentang,” ujar Ketua Forum Geuchik Kecamatan Lhoksukon, M Yusuf, melalui anggota forum, Iskandar, Kamis (4/7/2019)

Disebutkan, pelaksanaan bimtek ini sudah berlangsung sejak 25 Juni 2019 lalu. Hingga kini pelaksanaan bimtek tersebut sudah berlangsung untuk tahap ke V. “Pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan Qanun Kabupaten Aceh Utara Nomor 4 tahun 2009 tentang Pemerintahan Gampong,” ujar Iskandar. Kegiatan itu menghadirkan pemateri dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Bimtek ini sangat penting dilaksanakan, mengingat selama ini memang tidak pernah ada pelatihan untuk aparatur gampong, khususnya tuha peut, baik di kabupaten maupun provinsi,” ujar Iskandar.

Tujuan diadakan bimtek tersebut agar perangkat gampong dan tuha peut mengetahui tugas pokok dan fungsinya (tupoksi), masing-masing. Sehingga lanjut Iskandar tidak terjadi gesekan dan pembangunan di desa dapat berjalan sesuai harapan masyarakat. Selain itu dengan adanya bimtek tersebut akan meningkatkan wawasan dan pengetahuan bagi tuha peut. “Mereka sangat antusias mengikutinya dari hari pertama sampai terakhir,” pungkas Iskandar.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved