Breaking News:

Kejati Aceh Kembali Periksa Direktur Perbenihan, Terkait Kasus Keramba di Sabang

Penyidik Kejati Aceh, Jumat (5/7/2019) kembali memeriksa Direktur Perbenihan di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Coco Kokarkin Soetrisno.

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Yusmadi
FOTO HUMAS KEJATI ACEH
PENYIDIK Kejati Aceh menyita keramba jaring apung lepas pantai milik KKP RI di Dermaga CT3 Sabang, Kamis (4/7). 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh, Jumat (5/7/2019) kembali memeriksa Direktur Perbenihan di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Coco Kokarkin Soetrisno setelah menjalani pemeriksaan pada Senin (1/7/2019).

Pemeriksaan yang kedua kalinya tersebut untuk mendalami kasus dugaan penyimpangan pada proyek keramba jaring apung (KJA) lepas pantai (offshore) milik Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP RI di Sabang tahun 2017.

Kajati Aceh, Irdam MH melalui Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Aceh, H Munawal Hadi MH mengatakan, Coco kembali diperiksa karena penyidik masih membutuhkan keterangan dari saksi.

Penyidik saat ini, katanya, terus mendalami dokumen pembayaran yang berkenaan dengan proyek itu. “Banyak yang didalami, seperti menyangkut barang yang sudah diadakan dan dokumen-dokumen pembayaran,” kata Irdam.

Baca: Dirut PT Perinus Diperiksa Kejati Aceh

Baca: Kejati Periksa Dirjen Perikanan Budidaya

Baca: Kejati Aceh Periksa Dirjen Perikanan Budidaya pada KKP, Saksi Kasus Proyek Keramba di Sabang

Selain Coco, kemarin penyidik juga kembali memeriksa dua orang pokja pada KKP, Moh Muhaimin dan Navy Novy Jefrry Watupongoh serta dua tim teknis pada KKP Christian Maikel Eman dan Radityo Budi Kristanto.  

Padahal, keempat saksi tersebut juga sudah pernah diperiksa pada Kamis (4/7/2019) lalu. Dalam pemeriksaan kemarin, hanya RM Rofiq dari tim teknis pada KKP sebagai orang baru yang diperiksa penyidik.

Sebenarnya, penyidik sudah menjadwalkan pemeriksaan terhadap RM Rofiq pada Kamis, tapi tidak dilakukan karena dia turut mendampingi penyidik melakukan penyitaan keramba dan barang bukti lainnya di Sabang. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved