Lagi, Lahan di Aceh Besar Terbakar, Ini Luas Lahan Terbakar dalam Dua Hari Terakhir

Kebakaran lahan yang dilaporkan pihak Polsek Seulimeuem tersebut BPBD mengerahkan satu unit armada pemadam dari pos Seulimeum.

Lagi, Lahan di Aceh Besar Terbakar, Ini Luas Lahan Terbakar dalam Dua Hari Terakhir
For Serambinews.com
Petugas pemadam sedang berjibaku memadamkan api yang membakar lahan di kawasan perbukitan Cot Kareung, Kecamatan Lembah Seulawah, Aceh Besar, Jumat (5/7/2019) sore. 

Laporan Misran Asri | Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Kurang dari 6 jam, petugas pemadam BPBD Aceh Besar, kembali menerima informasi kebakaran lahan seluas 3 hektare di Cot Kareung, Kecamatan Lembah Seulawah, Aceh Besar, Jumat (5/7/2019) sore, sekitar pukul 14.55 WIB.

Kebakaran lahan yang dilaporkan pihak Polsek Seulimeuem tersebut BPBD mengerahkan satu unit armada pemadam dari pos Seulimeum.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Aceh Besar, Farhan AP kepada Serambinews.com, mengatakan dalam dua hari terakhir, Kamis dan Jumat, hari ini kebakaran hutan dan lahan (karhutla) telah mencapai 13 hektare.

Sepanjang Kamis kemarin, 4 Juli, kata Farhan, ada tiga lokasi kebakaran terjadi. Lokasi, pertama berada di Lampuuk, Kecamatan Lhoknga, dimana luas kebun milik Anwar Manyak yang terbakar mencapai 1 hektare.

Lalu, di hari yang sama, kebakaran juga terjadi di hutan lindung kawasan Cot Raja Ujong Gunung Seulawah, Kecamatan Lembah, Seulawah Aceh Besar.

"Kebakaran di kawasan hutan lindung tersebut mencapai kurang lebih 8 haktare. Sementara hari ini, Jumat ada dua lokasi kejadian kebakaran," ungkap Farhan.

Dua lokasi dimaksud, pertama terjadi Gampong Meunasah Tuha, Kecamatan Peukan Bada, dimana lahan yang terbakar juga mencapai 1 hektare.

Lalu, kejadian kedua terjadi di Cot Kareung, Kecamatan Lembah Seulawah.

"Kebakaran tadi sore di Cot Kareung juga mencapai 3 hektare," sebut Farhan.

Baca: Ilalang di Belakang Kantor PLN Wilayah Aceh Terbakar, Diduga Ada yang Bakar Sampah

Baca: Ilalang Kembali Terbakar di Gampong Ateuk Jawo, Lagi-lagi Membakar Sampah Jadi Pemicunya

Baca: Lagi, Kebakaran Ilalang Terjadi di Banda Aceh, Pembakaran Sampah Jadi Pemicunya

Baca: Pembakaran Sampah Picu Kebakaran Ilalang di Gampong Lamteumen Timur

Maraknya karhutla yang terjadi selama beberapa minggu terakhir, didominasi oleh kecenderungan masyarakat yang suka membakar sampah, tanpa mengawasi serta tidak memadamkannya dengan sempurna.

"Kalau kebakaran di hutan lindung kawasan Cot Raja Ujong Gunung Seulawah, Kecamatan Lembah Seulawah, ada dugaan sengaja dibakar oleh orang yang tidak bertanggung jawab," sebut Farhan.

Didampingi Iqbal, petugas Pusdalops-PB BPBD Aceh Besar, Farhan mengungkapkan tingginya eskalasi kebakaran yang terjadi dalam musim kemarau dan angin baratan ini, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tidak membakar sampah sembarangan.

Karena, dikhawatirkan lahan dan ilalang yang terbakar akan menjalar ke permukiman warga. (*)

Penulis: Misran Asri
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved