Info Aceh Timur

Aceh Timur Sajikan Kari Kambing di Festival Aceh Culinary

Pengunjung ramai mendatangai anjungan Aceh Timur sejak dibuka pagi. Para pengunjung yang berkunjung ke Aceh Timur, memburu makanan kuah sikameng (kar

Aceh Timur Sajikan Kari Kambing di Festival Aceh Culinary
SERAMBINEWS.COM/Humas Dan Protokol Setdakab Aceh Timur
Ketua TP PKK Aceh Timur Hj Fitriani D Hasballah SH MH didampingi Duta Wisata Agam dan Inong Kabupaten Aceh Timur memperlihatkan kuliner khas Aceh Timur di Anjungan Rumah Makan Taman Ratu Sulthanah Safiatuddin Banda Aceh, Sabtu (6/6/2019). 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI - Hari kedua pelaksanaan Festival Aceh Culinary 2019 di Taman Ratu Sulthanah Safiatuddin Banda Aceh, Anjungan Kabupaten Aceh Timur menjadi pusat perhatian pengunjung.

"Alhamdulillah hari pertama dan kedua anjungan kita ramai dikunjungi. Pengunjung bisa langsung mencicipi aneka kuliner khas kabupaten kita," kata Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Timur Ny Hj Fitriani D Hasballah SH MH, Sabtu 6 Juli 2019.

Pengunjung ramai mendatangai anjungan Aceh Timur sejak dibuka pagi. Para pengunjung yang berkunjung ke Aceh Timur, memburu makanan kuah sikameng (kari kambing) dan kuah bak lubue egnkot masen.

"Kuah Sie Kameng kita masak langsung di halaman Anjungan. Dan kuah ini semakin banyak diminati. Untuk kuliner yang unik pengunjung memilih Kuah Bak Lebue," imbuh Hj Fitriani.

Baca: Satoe Atjeh Sabang Juara Futsal U-19

Baca: Istri Plt Gubernur Cicipi Mie Rundeng di Anjungan Subulussalam

Baca: Serukan Serangan Mematikan ke Israel, Imam Teheran: Warna Air Teluk Persia Akan Menjadi Merah Darah!

Sedangkan minuman yang disajikan anjungan Aceh Timur, menyajikan minuman khas yakni Jus Boh Limeng Asam Sunti.

"Jus Boh Limeng Asam Sunti ini merupakan binaan PKK kecamatan Indra Makmur. Jus diolah dengan racikan khusus sehingga bau asam sunti tidak begitu terasa," urai Hj Fitriani seraya berharap Aceh Timur bisa meraih juara dalam festival kali ini.

Untuk diketahui, Pemkab Aceh Timur, ikut menyukseskan acara Aceh Culinary Festival 2019, yang berlangsung 5-7 Juli 2019 di Taman Ratu Sultanah Safiatuddin Banda Aceh.

Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Timur Hj Fitriani SH mengatakan dalam festival bergensi ini Aceh Timur membawa berbagai menu makanan andalan yang sesuai dengan tradisi daerah seperti kari kameng Pak Is terminal Peureulak, engkeut sure teuphep, udeung galah asam keung, pempeng masak mirah, bak lebeu engkot masen, acar boh timon ngon boh haneuh, dan jus boh limeng.

"Ini adalah bentuk kearifan lokal serta budaya tradisional yang perlu dirawat. Ajang ini juga kesempatan Aceh Timur untuk menampilkan karya bidang kuliner yang terbaik kepada masyarakat banyak," ujar Fitriani. (*)

Penulis: Seni Hendri
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved