Invest In Aceh

Bupati Aceh Besar: Investasi di Aceh Sudah Nyaman

Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali menyatakan, berinvestasi di Aceh sudah aman dan nyaman. Hal ini dibuktikan, sudah banyak investor dari luar Aceh...

Bupati Aceh Besar: Investasi di Aceh Sudah Nyaman
IST
Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali, berpose setelah menerima Golden Award ”Bupati Peduli Olahraga” dari SIWO PWI Pusat pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019, di Gedung Grahadi, Surabaya, Jumat (8/2/2019) malam. 

Bupati Aceh Besar : Investasi di Aceh Sudah Nyaman

Laporan Herianto | Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, KOTA JATHO - Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali menyatakan, berinvestasi di Aceh sudah aman dan nyaman. Hal ini dibuktikan, sudah banyak investor dari luar Aceh maupun luar negeri yang menanamkan investasinya di Kabupaten Aceh Besar.

“Salah satunya adalah PT Indo Jaya Agrinusa, groupnya PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, sebuah perusahaan multinasional yang bergerak dalam bidang peternakan dan memproduksi ternak ayam, sudah berani menanamkan investasinya di Aceh Besar senilai Rp 180 miliar lebih,” ungkap Mawardi Ali kepada wartawan pada saat meninjau lokasi penetasan ayam broiler di Desa Jawi, Kecamatan Seulimum, Aceh Besar, Sabtu (6/7/2019).

Sebelum PT Indo Jaya Agrinusa, groupnya PT Japfa Compeed Indonesia Tbk itu, ungkap Mawardi Ali, ada beberapa perusahaan dari luar negeri lainnya, sudah berinvestasi dan membangun pabrik. Misalnya dari Korea, sudah membuka pabrik pengeringan jagung di Blang Bintang.

"Ini menjadi ukuran bagi kita, bahwa berinvestasi di Aceh sudah aman dan nyaman, terutama di Aceh Besar," ujar Mawardi Ali.  

Di atas lahan seluas 6,2 hektare itu, PT Indo Jaya Agrinusa itu membangun pabrik penetasan DOC ayam broiler dengan kapasitas 75.000 ekor per hari atau 2,2 juta ekor ayam per bulan. Ini merupakan investasi pertama di Aceh yang terbesar dalam bidang usaha industri peternakan ayam.

Mawardi menegaskan, dirinya sangat yakin, pabrik penetasan anak ayam broiler yang akan beroperasi pada minggu ketiga bulan depan, akan cepat berkembang, karena perusahaan tersebut merupakan groupnya PT Japfa Compeed Indonesia Tbk, yang telah memiliki 80 unit lokasi fasilitas pebibitan dan penetasan DOC terbesar di Indonesia.

PT Indojaya Agrinusa bersama PT Japfa Compeed Indonesia TBK, sudah lebih dulu melakukan penelitian mengenai permintaan pasar anak ayam broiler di Aceh dan untuk memeudahkan pemasarannya ke wilayah utara, tengah dan barat selatan Aceh, mereka memilih Aceh Besar, sebagai tempat memproduksi anak ayam broler.

Baca: Malam ini, Persiraja Siap Gempur Cilegon United di Stadion H Dimurthala Lampineung

Baca: Formak Ajak Masyarakat Awasi Pembangunan Breakwater Pantai Labuhanhaji

Baca: 119 Mahasiswa STIKes Muhammadiyah Lhokseumawe Diwisuda, Tujuh Cum Laude

DOC ayam broiler yang telah ditetas dijual kepada peternak ayam pedaging oleh sebuah perusahaan penjualan yang merupakan grupnya PT Japfa Compeed Indonesia Tbk, ke berbagai perusahaan peternakan ayam potong yang ada di wilayah Aceh, terutama untuk wilayah utara, tengah, Pijay, Pidie, Aceh Besar, Banda Aceh, Sabang dan barat-selatan Aceh.

Menejer Unit Hatcery PT Indojaya Agrinusa, Nofri Darwin mengatakan, Kecamatan Seulimum, Aceh Besar dipilih menjadi lokasi pabrik penetasan DOC ayam broiler, pertama karena lokasinya dinilai cocok dengan kegiatan investasi yang akan dilakukan dan kondisi keamanannya sangat aman dan nyaman.

“Kami sudah merasa aman sekali berinvestasi di Desa Jawi Kecamatan Seulimum ini. Masyarakatnya memberikan dukungan penuh untuk program investasi penetasan DOC ayam broiler ini, oleh karena itu dari 75 orang karyawan yang akan diperkerjakan di pabrik penesana DOC Broiler ini,  sebesar 95 persen, diambil dari putra-putri penduduk Desa Jawi dan sekitarnya di Kecamatan Selimum.

Insya Allah, kata Nofri Darwin, pabrik penetasan doc ayam pedaging ini, akan dioperasionalkan perdana pada minggu ketiga bulan depan, setelah Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali,  kembali dari Mekkah, dalam melaksanaan Ibadah haji.(*) 

Penulis: Herianto
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved