Pijay Siapkan 49 Qari

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie Jaya (Pijay) telah mempersiapkan 49 qari dan qariah untuk mengikuti

Pijay Siapkan 49 Qari
SERAMBI/NUR NIHAYATI
PLT Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, meninjau lokasi arena MTQ Ke-34 Tingkat Provinsi Aceh di Sigli, Pidie, Rabu (3/7). 

* Target Masuk 10 Besar MTQ Provinsi

MEUREUDU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie Jaya (Pijay) telah mempersiapkan 49 qari dan qariah untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-34 Provinsi Aceh di Pidie pada September 2019 mendatang. Pihak panitia telah menargetkan dapat masuk 10 besar dari delapan cabang lomba yang diikuti.

Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial (Kabagkessos) Setdakab Pijay, Drs Jailani, Jumat (5/7) menjelaskan qari dan qariah yang tergabung dalam kafilah Pijay telah mendapat SK dari Bupati H Aiyub Abbas. Dia menjelaskan kafilah Pijay akan mengikuti delapan cabang yang dilombakan.

Disebutkan, mulai dari tilawah, qira’h sab’ah, tahfiz 1 juz hingga 30 juz, tafsir bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, Fahmil, Syarhil, khat sampai Musabaqah Mushaf Quran (MMQ). Dikatakan, para qari-qariah yang mewakili Pijay telah menjalani seleksi sejak dua bulan lalu, diman dari 141 peserta, akhirnya terpilih 49 peserta terbaik.

«Dari delapan cabang yang dilombakan, tiga diantaranya menjadi andalan utama yaitu qira’ah sab’ah, tafsir dan tilawah, «jelasnya. Dia mengatakan untuk lima cabang lainnya, para peserta diminta bekerja keras meraih prestasi untuk mengharumkan nama daerah, tetapi Pijay tidak mengirim peserta tunanetra.

Jailani menjelaskan tahapan pembinaan terus dilaksanakan, tetapi satu pekan jelang hari ‘H’, maka seluruh peserta masuk karatina untuk memaksimalkan kemampuan dalam masing-masing cabang.

Dikatakan, untuk mengikuti MTQ ini, Pemkab Pijay telah mempersiapkan dana dari APBK 2019 sebesar Rp 1,4 miliar. «Yang jelas, untuk MTQ ke-34 tahun ini, Pijay memasang target dapat masuk 10 besar,» harapnya.

Dilansir sebelumnya, Pemkab Pidie Jaya (Pijay) akan mengirim putra daerah asli ke Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-34 Provinsi Aceh di Pidie. Hal itu seiring Pijay terus berkomitmen penuh untuk mengirimkan duta putra daerah asli dari delapan kecamatan yang berhasil menjuarai beberapa cabang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pijay, Abdul Rahman Puteh SE MM, Selasa (26/3/2019) mengatakan akan mengirim duta putra asli daerah ini pada ajang MTQ provinsi Aceh. Namun, tetap berdasarkan para peserta para juara satu sampai tiga pada ajang MTQ ke-VI tingkat kabupaten Pijay 2018 lalu di Kecamatan Ulim.

«Jumlah peserta yang terjaring sebanyak 141 peserta yang saat ini sedang menjalani pemusatan tes di sembilan cabang oleh pihak Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ),»sebutnya. Dikatakan, seluruh peserta yang menjalani seleksi merupakan putra daerah untuk selanjutnya dapat melahirkan sebanyak 50 duta terbaik untuk mengikuti ajang MTQ 2019 di Pidie. Dikatakan, pemilihan putra daerah ini jauh lebih penting untuk melihat kemampuan putra terbaik dalam mengukir prestasi di mata publik Aceh nantinya.

Dia menyatakan menang atau kalah bukanlah ukuran, tapi yang terpenting meraih prestasi dalam posisi apapun dan semangat menjadi hal utama untuk menghadirkan putra-putri terbaik asli daerah yang memiliki potensi terbaik. «Ini yang patut kami banggakan dan jika juara, maka bonus akan mengalir ke putra daerah,» katanya.(c43)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved