Aceh Besar akan Tampilkan Produk Unggulan di PIPMG 2019 Bener Meriah, Ini Tiga Produk Unggulan Itu

Menjelang Pekan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat Gampong (PIPMG) tahun 2019 di Bener Meriah mulai 9 hingga 13 Juli mendatang...

Aceh Besar akan Tampilkan Produk Unggulan di PIPMG 2019 Bener Meriah, Ini Tiga Produk Unggulan Itu
For Serambinews.com
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kabupaten Aceh Besar, Bahrul Jamil SSos MSi. 

Aceh Besar akan Tampilkan Produk Unggulan di PIPMG 2019 Bener Meriah, Ini Tiga Produk Unggulan Itu

Laporan Jalimin | Aceh Besar  

SERAMBNEWS.COM, KOTA JANTHO - Menjelang pelaksanaan Pekan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat Gampong (PIPMG) tahun 2019 di Kabupaten Bener Meriah mulai 9 hingga 13 Juli 2019 mendatang, Pemkab Aceh Besar siap menampilkan tiga produk unggulan.

"Ada tiga produk inovasi dari masyarakat Aceh Besar yang akan kami tampilkan di pameran TTG (Teknologi Tepat Guna) di Bener Meriah," kata Bahrul Jamil SSos MSi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kabupaten Aceh Besar, kepada Serambinews.com, Minggu (7/7/2019).

Bahrul Jamil menjelaskan, ketiga produk yang akan ditampilkan pada PIPMG 2019 tersebut merupakan produk unggulan masyarakat dengan inovasi teknologi tepat guna.

Ketiga produk tersebut, yakni sepeda pemintal tali yang diproduksi oleh Muhammad Jamil, warga Lamnga Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar. Alat ini diperuntukkan untuk memproduksi tali dan keset kaki.

Baca: Bupati Aceh Besar Tutup Festival Dalail Khairat, Al-Kautsar Lamteumen Barat Juara

Baca: Link Live Streaming MotoGP Jerman - Peluang Marquez Raih Kemenangan Ke-10, Ini Jadwal Lengkapnya

Baca: Grup Nasyid Raihan Meriahkan Malam Amal ACT Aceh

Produk kedua, sebut Bahrul Jamil yang akrab disapa BJ, yaitu Kompor Gaskam yang diproduksi oleh Erwandi, warga Lambeutoeng, Kecamatan Indrapuri merupakan modifikasi kompor dan kipas angin dengan proses pembakaran menggunakan bahan jerami dan sekam (seukeum) atau ampas kulit padi.

Sedangkan produk ketiga, berupa instalasi pengolahan air bersih skala rumah tangga yang dibuat oleh Husaini Hamca, warga Gampong Leupung Cut, Kecamatan Kuta Malaka.

"Tentu, ketiga produk andalan Aceh Besar ini optimis mampu menjadi yang terbaik diantara produk TTG lain yang dipamerkan di Bener Meriah," ujar Bahrul Jamil.

 Sementara itu, terkait dengan pameran produk unggulan Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) terbaik, Aceh Besar menampilkan produk Bumdes Gampong Blangkrueng, Kecamatan Baitussalam dan Bumdes Gampong Meunasah Mon Cut, Kemukiman Lamlhom, Kecamatan Lhoknga.

Produk Bumdes Gampong Blangkrueng memiliki sembilan unit usaha meliputi unit bank sampah yang menghasilkan pupuk kompos, pupuk cair, dan biji plastik, unit pangkalan gas, depot air minum, sekolah gampong, usaha penggemukan sapi, unit kue Keukarah, Unit Simpan Pinjam (SPP), unit rumah sewa dan unit pengelolaan tanah Baitul Mal.

Sedangkan produk Bumdes Meunasah Mon Cut, terdapat tujuh produk berupa beras yang dihasilkan oleh unit pertanian (kilang padi) milik gampong, PDAM gampong atau air bersih, pengelolaan mesin traktor, unit usaha penyewaan teratak, unit usaha Simpan Pinjam, penjualan bahan pertanian dan usaha penyewaan alat PKK.

Dari sisi lain, produk-produk unggulan gampong yang ditampilkan berupa bumbu kunyit kemasan botol, bumbu ketumbar kemasan botol, bumbu kelapa gongseng kemasan botol, bumbu asam sunti kemasan botol, permen papaya candy, peyek bakoi, gula U, kelapa gongseng, dendeng, kerupuk cue dan kue bawang berbahan ketela.

BJ mengungkapkan, pelaksanaan PIPMG 2019 dan pameran  TTG juga bersamaan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 Tingkat Provinsi Aceh dan bersamaan dengan Hari Kesatuan  Gerak (HKG)  PKK ke-47. 

"Semua kabupaten dan kota se-Aceh akan ikut tampil memamerkan produk-produk unggulan usaha masyarakat dan keluarga," ujar Bahrul Jamil SSos MSi, Kadis DPMG Aceh Besar.(*)

Penulis: Jalimin
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved