Aceh Besar Siapkan Tiga Produk Unggulan

Menjelang pelaksanaan Pekan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat Gampong (PIPMG) tahun 2019 di Bener Meriah, 9-13 Juli, Aceh Besar siap menampilkan

Aceh Besar Siapkan  Tiga Produk Unggulan
Warga memilih berbagai perhiasan yang dijual pada stan kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna (GTTG) Nasional XVII dan Pekan Inovasi Perkembangan (PIN) Desa/Kelurahan Nasional I Tahun 2015 di Stadion Harapan Bangsa Lhoong Raya, Banda Aceh, Sabtu (10/10).SERAMBI/BUDI FATRIA 

JANTHO - Menjelang pelaksanaan Pekan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat Gampong (PIPMG) tahun 2019 di Bener Meriah, 9-13 Juli, Aceh Besar siap menampilkan tiga produk unggulan. “Ada tiga produk inovasi dari masyarakat Aceh Besar yang akan kami tampilkan di pameran TTG (Teknologi Tepat Guna) di Bener Meriah,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh Besar, Bahrul Jamil, Minggu (7/7).

Dijelaskan, ketiga produk yang akan ditampilkan pada PIPMG tersebut merupakan produk unggulan masyarakat dengan inovasi teknologi tepat guna. Ketiga produk itu adalah sepeda pemintal tali yang diproduksi oleh Muhammad Jamil warga Lamnga Kecamatan Mesjid Raya. Alat ini diperuntukkan untuk memproduksi tali dan keset kaki.

Produk kedua, sebut BJ--sapaan akrab Bahrul Jamil--adalah kompor Gaskam yang diproduksi oleh Erwandi warga Lambeutoeng, Indrapuri, merupakan modifikasi kompor dan kipas angin dengan proses pembakaran menggunakan jerami dan sekam.

Sedangkan produk ketiga berupa instalasi pengolahan air bersih skala rumah tangga yang dibuat oleh Husaini Hamca warga Leupung Cut, Kuta Malaka. “Tentu ketiga produk andalan Aceh Besar mampu menjadi terbaik diantara produk TTG lain yang dipamerkan di Bener Meriah,” ujarnya.

Sementara itu, terkait dengan pameran produk unggulan Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) terbaik, Aceh Besar menampilkan produk Bumdes Blangkrueng, Baitussalam dan Bumdes Gampong Meunasah meunasah Mon Cut, Kemukiman Lamlhom, Lhoknga. Produk Bumdes Blangkrueng meliputi pupuk kompos, pupuk cair, dan bijih plastik yang dihasilkan oleh unit usaha bank sampah serta kue keukarah. Sedangkan produk Bumdes meunasah Mon Cut berupa beras yang dihasilkan oleh unit pertanian (kilang padi) milik gampong.

Ia mengungkapkan, pelaksanaan PIPMG dan pameran TTG juga bersamaan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 Tingkat Provinsi Aceh dan bersamaan dengan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-47 PKK. “Semua kabupaten/kota se-Aceh akan ikut tampil memamerkan produk-produk unggulan usaha masyarakat dan keluarga,” demikian Bahrul Jamil.(aji)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved