Kebakaran Hutan di Aceh Barat belum Padam

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Aceh Barat hingga Minggu (7/7) sore belum padam total. Luas lahan yang terbakar malah bertambah

Kebakaran Hutan di Aceh Barat belum Padam
SERAMBI/RIZWAN
DANREM 012/TU, Kolonel Inf Aswardi (dua dari kiri) didampingi Bupati Aceh Barat, Ramli MS, dan Kapolres AKBP Raden Bobby Aria Prakasa memimpin pemadaman kebakaran lahan gambut di Desa Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kamis (31/1). 

* Luasnya Bertambah

MEULABOH - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Aceh Barat hingga Minggu (7/7) sore belum padam total. Luas lahan yang terbakar malah bertambah. Sebelumnya hanya dua titik, kini muncul dua titik lagi masing-masing di Kecamatan Woyla dan Woyla Barat.

Dua titik yang sebelumnya terbakar itu berada di Desa Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan dan di Desa Suak Pante Breuh, Kecamatan Samatiga dengan luas hanya 3 hektare (ha). Luasan areal yang terbakar itu mulai berkurang setelah dilakukan pemadaman oleh tim gabungan.

Sedangkan lokasi terbaru yang terbakar berada di Desa Ie Itam Baroh, Kecamatan Woyla dan Desa Cot Reubek, Kecamatan Woyla Barat. Lidah api di kawasan ini sempat merembet ke lahan perkebunan sawit PT Prima Aceh Agro Lestari. Dalam dua hari terakhir api masih ada, tetapi hingga kemarin belum diketahui sudah seberapa luas areal yang terbakar.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat pun kemarin belum melansir data terbaru terkait kebakaran lahan di Aceh Barat yang dilaporkan tersebar di beberapa titik itu. “Ada lokasi yang sudah padam. Tapi cuaca masih terik dan hujan belum turun. Harapan kita bisa segera turun hujan supaya titik apinya padam,” ujar seorang petugas BPBD.

Lahan Baizury
Kebakaran kebun kelapa sawit milik PT Fajar Baizury & Brother perbatasan antara Desa Cot Mue, Kecamatan Tadu Raya dengan Desa Kuala Tripa, Kecamatan Tripa Makmue, hingga Minggu kemarin juga belum padam total. Sedangkan luas lahan yang terbakar saat ini sudah mencapai 20 ha lebih. Kepulan asap masih terlihat di beberapa titik, tapi mulai menipis.

“Api memang belum padam total hingga Minggu sore, namun kondisinya kini sudah mulai mengecil,” kata Agus Salim, petugas Pusdalops pada Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nagan Raya kepada Serambi kemarin.

Menurutnya, lahan yang terbakar itu merupakan lahan gambut, sehingga sulit padam total pada musim kemarau seperti ini, karena api berada di bawah kedalaman hampir 1 meter lebih. Saat ini tim pemadam tetap siaga memantau agar api tak meluas.

Bantu padamkan
Dari Calang, ibu kota Kabupaten Aceh Jaya, dilaporkan bahwa personel TNI dari Koramil 03 Lageun Kodim 0114/Aceh Jaya membantu memadamkan kebakaran lahan di Desa Lhok Geulumpang, Kecamatan Setia Bakti, Sabtu (6/7) menjelang sore.

Lahan seluas setengah hektare ini merupkan milik Razali (40), warga setempat yang berencana akan dia gunakan untuk menanam pinang dan jagung. Asap dari kebakaran lahan sempat mengganggu pengguna jalan yang melintas. Mendapat informasi tersebut personel TNI dari Koramil 03/Lageun bersama tim pemadam kebakaran (damkar) terjun ke lokasi melakukan pemadaman. Api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 17.30 WIB.

Halaman
12
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved