Meralisasikan Janji, Menuai Prestasi

PEMERINTAH Kota Banda Aceh di bawah kepemimpinan Wali Kota H Aminullah Usman SE Ak MM dan Wakilnya Drs H Zainal Arifin

Meralisasikan Janji, Menuai Prestasi
IST
Dua Tahun Pemerintahan Amin-Zainal 

* Dua Tahun Pemerintahan Amin-Zainal

PEMERINTAH Kota Banda Aceh di bawah kepemimpinan Wali Kota H Aminullah Usman SE Ak MM dan Wakilnya Drs H Zainal Arifin genap berusia dua tahun. Aminullah dan Zainal dilantik pada 7 Juli 2017 oleh Irwandi Yusuf di ruang sidang paripurna DPRK Banda Aceh.

Sejak memegang kendali pemerintahan, Amin-Zainal langsung tancap gas. Bahkan, beberapa program-program pro-rakyat yang dijanjikan saat kampanye sudah mulai direalisasikan dalam tahun pertama memimpin Kutaraja.

Mengusung visi Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariah, Aminullah dan Zainal Arifin memprioritaskan pembangunan di bidang agama, ekonomi dan pendidikan. Berbagai kemajuan pun telah ditunjukkan oleh Pemko Banda Aceh, meski usia kepemimpinan mereka masih sangat muda. Hal ini dapat dilihat dari realisasi program dan dari sejumlah prestasi yang telah didapat.

Di bidang agama misalnya, Aminullah dan Zainal mengajak masyarakat kota ikut berpartisipasi aktif dalam pengawasan dan penegakan syariat Islam dengan membuka call center di nomor telepon 081219314001. Hasilnya terlihat dari data Satpol PP dan WH Kota, dimana kasus pelanggaran syariat terus menurun. Jika pada tahun 2018 terjadi 215 kasus pelanggaran, tahun 2019 ini menurun drastis, yakni 99 kasus.

Di sektor ekonomi, keberadaan Lembaga Keuangan Mikro PT Mahirah Muamalah Syariah (MMS) yang didirikan tahun lalu oleh Aminullah mampu menurunkan tingkat ketergantungan pelaku ekonomi lemah kepada rentenir dari 80 persen menjadi 30 persen. Keberadaan lembaga ini benar benar membantu berkembangnya masyarakat kecil di Banda Aceh.

Untuk bidang pendidikan, Pemko telah melakukan sejumlah inovasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan, kebudayaan, kepemudaan dan olahraga. Peningkatan potensi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) melalui pendidikan dan latihan telah berhasil meningkatkan Uji Kompetensi Guru (UKG) dan standar melalui pendidikan dan nilai standar pendidikan lainnya. Sekolah-sekolah di Banda Aceh juga telah memiliki infrastruktur ruang kelas yang mampu menampung jumlah siswa dan telah memenuhi per rombel sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Di usia dua tahun Pemerintahan Amin-Zainal, pencapaian IKS (Indeks Keluarga Sehat) pada indikator persalinan ibu di fasilitas pelayanan kesehatan sudah mencapai 94,38 persen dari target nasional 100 persen. Pencapaian ini didukung program bantuan pasca-persalinan yang telah memberikan paket persalinan kepada 1.200 ibu melahirkan. Ini merupakan program yang sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di bidang kesehatan.

Dengan program-program dan inovasi yang telah dilakukan Amin-Zainal kemudian menuai prestasi demi prestasi, baik tingkat provinsi maupun nasional. Adapun prestasi-prestasi tersebut diantaranya, Kota Terbaik dalam Penanganan Konflik Sosial Tingkat Nasional dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia dari Kemenko Polhukam RI (Mei 2019),

Kepala Daerah Pembina Pelayanan Publik dengan Kategori Sangat Baik dari KemenPAN-RB RI (November 2018), Anugerah Pesona Indonesia (API) kategori Wisata Halal Terpopuler, Wali Kota Entrepreneur Award dari Menteri Koperasi dan UKM (Desember 2018) dan masih banyak prestasi dan penghargaan lainnya.

Di bawah ini infografis dari capaian pembangunan dan prestasi yang diraih pemerintahan Aminullah-Zainal Arifin di dua tahun usia kepemimpinan.(*)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved