UTU akan Kirim Mahasiswa PPL ke Malaysia

Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh akan mengirimkan mahasiswa untuk melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)

UTU akan Kirim Mahasiswa PPL ke Malaysia
DOK SERAMBINEWS.COM
Rektor UTU, Prof Dr Jasman J Ma'ruf MBA memasangka baju almamater kepada mahasiswa baru. 

MEULABOH - Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh akan mengirimkan mahasiswa untuk melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ke Universitas Terengganu Malaysia (UMT) dalam tahun ini. Kepastian PPL dari mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UTU setelah dilakukan nota kesepahaman dengan UMT beberapa hari lalu di Malaysia.

Wakil Rektor III UTU, Dr Mursyidin MA kepada Serambi, kemarin mengatakan, MoU tersebut diteken oleh Dekan Pusat Pengajian Sains Perikanan dan Akuatik (PPSPA), Prof Najiah Binti Musa. “Salah satu poin kerja sama ini adalah kemudahan untuk mahasiswa FPIK UTU PPL di UMT,” kata Mursyidin.

Poin kerja sama lainnya dengan UMT, lanjut dia, antara lain penelitian dan ‘publish’ bersama di jurnal internasional yang terindeks, melaksanakan mobiliti pengabdian mahasiswa kepada masyarakat baik di Aceh maupun di Malaysia, hingga pertukaran dosen baik mengajar maupun uji di laboratorium di UMT.

Tak hanya dengan UMT, UTU Meulaboh juga melakukan kerja sama lanjutan untuk lima tahun ke depan dengan Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA) Terengganu, Malaysia. Kerja sama kali ini akan fokus pada bidang pertanian, sains sosial ekonomi, mobiliti mahasiswa, pertukaran mahasiswa, riset bersama dan pertukaran dosen.

Dalam meningkatkan pengembangan ilmu melalui riset dan publikasi di jurnal internasional, UTU menjajaki kerja sama dengan Majlis Profesor Negara (MPN) Malaysia, untuk melatih penulisan di jurnal internasional. “UTU sudah membuat MoU dengan MPN di Malaysia dalam lawatan pekan lalu,” pungkasnya.(riz)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved