Petani Demo Pabrik Sawit di Nagan Raya 

Massa yang datang dari sejumlah desa di kecamatan tersebut menuntut pihak PMKS menaikkan harga beli Tandan Buah Segar (TBS).

Petani Demo Pabrik Sawit di Nagan Raya 
SERAMBINEWS.COM/SENI HENDRI
Petani menjual TBS sawit kepada pengepul di Dusun Sarah Nyala, Gampong Seumanah Jaya, Kecamatan Ranto Peureulak, Aceh Timur, dengan harga Rp 900-950 perkilogram, Sabtu (30/3/2019). 

Laporan Sa'dul Bahri | Nagan Raya

SERAMBINEWS.COM, SUKA MAKMUE - Para petani sawit di Nagan Raya berdemo di Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS), Simpang Dusun Gajah, Desa Ujong Lamie, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Selasa (9/7/2019).

Massa yang datang dari sejumlah desa di kecamatan tersebut menuntut pihak PMKS menaikkan harga beli Tandan Buah Segar (TBS). Mereka yang datang dalam jumlah banyak itu melakukan orasi secara bergantian.

Baca: Pengumuman SBMPTN 2019, Berikut 12 Link Alternatif Hindari Lemot, Silakan Cek Apakah Kamu Lulus?

Disela-sela aksi tersebut, utusan sejumlah pihak perusahaan di daerah itu menemui massa sekaligus hendak memberikan penjelasan menyangkut anjloknya harga sawit saat ini, namun penjelasan yang sedang disampaikan itu langsung dipotong para pengunjuk rasa. 

Akhirnya para perwakilan itu dipersilakan meninggalkan para pendemo karena mereka anggap tidak ada titik temu.

Baca: Menikah Tanpa Izin Istri Pertama, Suami dan Istri Kedua Terancam Hukuman 7 Tahun Penjara

Para perwakilan pihak perusahaan yang hadir itu ikut dikawal ketat oleh aparat Polres Nagan Raya dan Polsek Darul Makmur.

Petani dalam aksi tersebut menuntuk beberapa hal kepada pihak perusahaan, di antaranya agar membeli harga sawit sesuai ketentuan yang ditetapkan Pemerintah Aceh.

Baca: Penyidik Kejati Aceh Batal Periksa Darmili Terkait Kasus Dugaan Korupsi PDKS 

“Kami meminta kepada PMKS di Nagan Raya khususnya di Kecamatan Darul Makmur agar tidak serta merta menurunkan harga TBS pada saat hari-hari besar Islam dan pada saat terjadinya antrean panjang akibat melimpahnya buah,” kata Ishani, Koordinator Lapangan kepada Serambi, Selasa (9/7/2019) disela-sela aksi demo di Simpang Alue Gajah.

Seusai berdemo secara aman dan tertib itu, pada siang massa membubarkan diri. (*)

Penulis: Sa'dul Bahri
Editor: Mursal Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved