Asrama Haji Aceh Direnovasi

Menjelang masuknya calon jamaah haji, gedung Asrama Haji Embarkasi Aceh di Banda Aceh

Asrama Haji  Aceh Direnovasi
SERAMBI/MUHAMMAD NASIR
Kondisi gedung Asrama Haji Aceh 

* Jelang Masuknya Jamaah

BANDA ACEH - Menjelang masuknya calon jamaah haji, gedung Asrama Haji Embarkasi Aceh di Banda Aceh justru direnovasi. Sehingga dikhawatirkan kondisi itu akan menganggu proses pelayanan jamaah haji selama di asrama.

Meskipun pihak UPT Asrama Haji Banda Aceh yakin proses renovasi itu akan selesai sebelum jamaah mulai masuk asrama, namun sejumlah panitia penyelenggara haji justru pesimis, karena renovasi itu meliputi pengerjaan berat.

Pantauan Serambi, Selasa (9/7) di Asrama Haji Banda Aceh, renovasi itu dilakukan di dua bangunan asrama yang letaknya berdekatan. Bagian yang direnovasi meliputi pergantian plafon, lantai kamar, pintu, hingga kamar mandi.

Dalam rapat bersama penyelengaraan haji yang juga berlangsung kemarin di asrama haji, semua pihak memutuskan renovasi asrama tersebut harus sudah selesai pada 14 Juli 2019. Karena jamaah haji kloter 1 akan mulai masuk asrama pada 19 Juli 2019.

Sehingga aktivitas jamaah maupun panitia penyelenggara tidak terganggu dengan ada pengerjaan renovasi itu. Apalagi renovasi meliputi kamar, yang selama ini memang masih kekurangan.

Panitia Penyelenggara Haji Bagian Urusan Dalam dan Fasilitas, Ir H Muklis MT mengatakan, renovasi asrama haji itu harus sudah selesai 14 Juli nanti dan saat jamaah masuk semua pengerjaan sudah dihentikan, supaya proses pelayanan terhadap jamaah tidak terganggu.

Selaku panitia bagian fasilitas, dalam beberapa hari ke depan mereka akan terus mengawasi pengerjaan renovasi ini. Ia juga meminta supaya pihak UPT Asrama haji mengenjot pengerjaan, misalnya dengan menambah jam kerja dan jumlah pekerja. Sehingga asrama akan selesai sesuai terget yaitu 14 Juli 2019.

Sementara Kasubbag TU Asrama Haji Embarkasi Aceh, Nanang, mengatakan, mereka sudah membuat komitmen dengan rekanan bahwa pada 14 Juli asrama haji itu harus sudah selesai. Bahkan ia menjamin saat jamaah masuk ke asrama, lantai, kamar mandi, plafon dan pemasangan sprei baru sudah selesai dan dapat difungsikan.

Nanang menjelaskan, renovasi itu sudah mulai dilakukan sejak dua minggu lalu. Alasan pihaknya memulai renovasi jelang masuknya jamaah karena untuk memanfaatkan masa kontrak pengerjaan tersebut. “Kita manfaatkan waktu kontrak yang sudah ada, jangan sampe terbuang. Cuma tahap pertama ini beberapa kamar aja,” ujar nanang.

Saat ini terdapat enam kamar yang direhab. Sedangkan kamar lainnya akan dilanjutkan renovasi setelah musim haji nanti. “Jadi enam kamar aja dulu dan kita yakin tanggal 14 Juli akan selesai, setelah keberangkatan nanti baru dilanjutkan lagi,” tandas Nanang.

Panitia Penyelenggara Haji Bagian Urusan Dalam dan Fasilitas, Ir H Muklis MT mengatakan, melihat besarnya volume dan berat proses renovasi yang sedang dilakukan saat ini, pihaknya pesimis pengerjaan itu akan selesai tepat waktu.

“Memang Kepala UPT sudah menyatakan pengerjaan akan selesai 14 Juli, tapi kita lihat volume pengerjaan masih sangat banyak dan waktu tersisa lima hari lagi, kita agak pesimis,” ujar Mukhlis.

Apalagi, katanya, beberapa item yang direnovasi itu merupakan bagian penting dalam pelayanan seperti kamar tidur dan kamar mandi. Sehingga panitia meminta UPT harus menggenjot pengerjaan di sisa lima hari waktu pengerjaan. (mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved