Harga Emas Tembus Rp 2 Juta/Mayam, Pembelian Didominasi Keperluan Mahar

Dalam pekan ini harga emas perhiasan di Banda Aceh turun sebesar Rp 50.000/mayam dari Rp 2.100.000/mayam menjadi Rp 2.050.000/mayam.

Harga Emas Tembus Rp 2 Juta/Mayam, Pembelian Didominasi Keperluan Mahar
Antara Foto/Yudhi Mahatma
Emas 

Laporan Mawaddatul Husna | Banda Aceh 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Dalam pekan ini harga emas perhiasan di Banda Aceh turun sebesar Rp 50.000/mayam dari Rp 2.100.000/mayam menjadi Rp 2.050.000/mayam (belum ongkos buat).

Meskipun harga “si kuning” tembus Rp 2 juta/mayam dan tergolong masih tinggi namun transaksi jual beli didominasi oleh pembelian dengan perbandingan 80:20. Artinya banyak masyarakat yang membeli.

“Banyak yang beli alasannya hampir rata-rata untuk mahar, meskipun harga emas sedang mahal tetap beli,” kata Pedagang emas di Jalan Tgk Chik Pante Kulu, Banda Aceh, Jal Ichlas kepada Serambinews.com, Rabu (10/7/2019).

Ia menambahkan setelah lebaran Idul Fitri, rata-rata ke toko emas pesan emas untuk mahar nikah. Ada yang berbentuk cincin, gelang, rantai tangan, dan kalung.

Baca: Harga Jual Emas Stagnan, Berikut Harga Emas Hari Ini

Baca: Harga Emas Hari Ini - Harga Emas Antam Turun, Dijual Seharga Rp 694.000 per Gram

Baca: Berikut Daftar Harga Emas Antam Pada Hari Ini

“Jumlahnya bervariasi mulai 10 mayam hingga 30 mayam,” sebutnya.

Menurutnya, saat ini harga emas tergolong stabil karena pasar emas dunia stabil, perang dagang antara Amerika Serikat dan Cina mulai membaik, sehingga berpengaruh ke harga emas.

Selain itu, Jal Ichlas juga menyampaikan sekarang generasi milenial sudah mulai menabung emas di toko-toko emas yang dipercayainya dengan jumlah mulai satu gram.

Misal minggu ini ada uang 600 ribu rupiah bisa beli satu gram dulu, nanti minggu depan atau bulan depan kalau ada uang beli lagi.

Kemudian dibuatkan kwitansinya.

Pelanggan bisa mengambilnya dalam bentuk emas perhiasan atau emas batangan sejumlah emas yang sudah ditabung tersebut,” sebut Jal Ichlas. (*)

Penulis: Mawaddatul Husna
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved