Kontes Ternak se-Aceh di Abdya Digelar Mulai Besok, Ratusan Ternak Pilihan Menjadi Peserta

Kabupaten Aceh Barat Daya mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan bulan bakti peternakan tingkat Provinsi Aceh tahun 2019.

Kontes Ternak se-Aceh di Abdya Digelar Mulai Besok, Ratusan Ternak Pilihan Menjadi Peserta
SERAMBINEWS.COM/RIZWAN
Satu dari empat ekor sapi jumbo pada expo ternak di Meulaboh, Kamis (22/4/2017). 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM,BLANGPIDIE - Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan bulan bakti peternakan tingkat Provinsi Aceh tahun 2019.

Kegiatan yang sangat menarik adalah expo atau kontes ternak se-Provinsi Aceh digelar di Lapangan Pulau Kayu, Kecamatan Susoh, dimulai Kamis (11/7/2019), besok.

Kegiatan ini dilaksanakan Dinas Peternakan Aceh bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) Abdya.

“Persiapan tempat sudah selesai sehingga kegiatan siap dilaksanakan,” kata Kepala Distanpan Abdya, drh Nasruddin selaku Ketua Harian Bulan Bakti Peternakan di kabupaten setempat kepada Serambinews.com, Rabu (10/7/2019).

Dia menjelaskan, kegiatan bulan bakti perternakan berlangsung empat hari, 11 sampai 14 Juli mendatang.

Hari pertama, Kamis, besok, diawali acara penyamputan peserta kegiatan bulan bakti dari 23 kabupaten/kota di Aceh oleh Bupati Akmal Ibrahim atau Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT bersama Kepala Dinas Peternakan Aceh, Rahmandi MSi.

Peserta yang membawa ratusan ternak pilihan itu menempati puluhan stand yang sudah tersedia di Lapangan Pulau Kayu. Ternak unggul tersebut menjadi peserta kontes aatu lomba yang bakal menarik perhatian masyarakat setempat.

Kepala Distanpan Abdya itu menjelaskan, kegiatan bulan bakti peternakan tingkat Provinsi Aceh 2019, diikuti peserta dinas peternakan atau lembaga yang menangani fungsi peternakan dari 23 Pemerintah Kabupaten/Kota di Aceh.

Baca: Abdya Tuan Rumah Expo Ternak, Ini Jadwal dan Jenis Hewan yang Dipamerkan

Baca: Pijay Nyatakan Ikut Pada Expo Ternak di Abdya, Ini Jumlah Sapi yang Dibawa

Baca: Bupati Buka Kontes Ternak

Kegiatan diisi dengan expo atau kontes ternak, lomba burung berkicau, lomba asah terampil, jalan santai lomba ayam KUB serta pameran produk peternakan dari masing-masing kabupaten/kota.

Khusus kegiatan pameran produk peternakan diikuti 15 kabupaten/kota dari 23 kabupaten/kota di Aceh, sedangkan 8 kabupaten lainnya tidak ikut pameran. Sementara kontes ternak (expo ternak) diikuti peserta dari seluruh kabupaten/kota. 

Kegiatan jalan santai dilaksanakan, Jumat (12/7/2019) pagi, lusa, dimulai dari Lapangan Pulau Kayu, Susoh, diikuti seluruh SKPK dan lembaga lain di Kabupaten Abdya. Sedangkan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah akan menghadiri puncak bulan bakti peternakan di lapangan Pulau Kayu, Minggu (14/7/2019) mendatang. 

Seperti dijelaskan Kepala Dinas Peternakan Aceh, Rahmandi MSi saat membuka rapat koordinasi bulan bakti peternakan yang dihadiri oleh seluruh kepala dinas dan kepala bidang peternakan seluruh Aceh, dan Bupati Abdya, Akmal Ibrahim SH di Aula Bappeda Abdya, 13 Juni lalu, bahwa hewan ternak dipamerkan  adalah ternak unggul atau hasil kawin silang milik masyarakat atau peternak binaan dinas peternakan kabupaten kota di seluruh Aceh.

"Hewan yang dipamerkan, seperti sapi, kerbau, kuda, kambing, dan ayam KUB. Ayam KUB ini khusus diikuti Abdya saja, karena belum seluruh kabupaten kota memulai budidaya ayam KUB ini," katanya.

Keterengan diperoleh dari panitia lokal di Abdya, bahwa selain expo ternak, dalam kegiatan tersebut juga digelar lomba burung berkicau dengan total hadiah mencapai ratusan juta dengan 13 kelas. Kontes burung berkicau itu dijadwalkan, Sabtu (13/7/2019) mendatang. (*)

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved