Tiang Penyangga Tol BORR Ambruk, Kontraktor Hentikan Seluruh Aktivitas Pengerjaan Hari Ini

pihaknya memutuskan menghentikan seluruh aktivitas pengerjaan hari ini hingga ada keputusan dari Komite Keselamatan Konstruksi

Tiang Penyangga Tol BORR Ambruk, Kontraktor Hentikan Seluruh Aktivitas Pengerjaan Hari Ini
(RAMDHAN TRIYADI BEMPAH)
Sejumlah pekerja sedang mengevakusi material dari tiang penyangga proyek jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi 3A yang ambruk di Jalan Sholeh Iskandar, Kota Bogor, Rabu (10/7/2019). 

Tiang Penyangga Tol BORR Ambruk, Kontraktor Hentikan Seluruh Aktivitas Pengerjaan Hari Ini

SERAMBINEWS.COM - PT Marga Sarana Jabar selaku kontraktor proyek Tol Bogor Outer Ring Road Seksi III A angkat suara soal insiden ambruknya tiang penyangga yang melukai dua pekerja, Rabu (10/7/2019).

Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar Hendro Atmojo mengatakan, dengan adanya kejadian itu, pihaknya memutuskan menghentikan seluruh aktivitas pengerjaan hari ini hingga ada keputusan dari Komite Keselamatan Konstruksi.

"Kami sudah perintahkan untuk menghentikan seluruh kegiatan proyek hari ini. Sekaligus kami akan melakukan evaluasi bersama kontraktor dan konsultan terhadap metode pelaksanaannya," ujar Hendro, lewat siaran pers yang diterima, Rabu (10/7/2019).

Baca: Lawan Persija Jakarta di SUGBK, Pemain Persib Bandung ke Stadion Naik Barracuda

Hendro menuturkan, keruntuhan bekisting (formwork) pierhead P109 di Jalur A (dari Yasmin menuju Parung) itu terjadi pada pukul 05.15 WIB.

Kejadian ini disebabkan karena jatuhnya balok penyangga atau cetakan kepala penyangga yang terjadi pada saat pengecoran ke-22 truk mixer dari total 25 yang direncanakan.

"Sebenarnya secara terus menerus telah dilakukan pengawasan terhadap setiap tahapan pengecoran, termasuk checklist kelendutannya." ujarnya.

Kejadian itu sempat berdampak pada tersendatnya arus lalu lintas mengingat adanya material yang menutup badan jalan.

Baca: Sekitar 2 Hektar Kebun di Gandapura Terbakar, Damkar Bireuen Dikerahkan

Jalan Sholeh Iskandar ditutup pada kedua arah, sementara untuk pergerakan lalu lintas diarahkan melalui Jalan Atang Sanjaya.

"BUJT (PT Marga Sarana Jabar) bersama kontraktor pelaksana dan konsultan supervisi melaksanakan identifikasi dan evaluasi lapangan atas penyebab kejadian. Lapangan sedang dibersihkan. Tidak ada korban jiwa," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, sebuah tiang penyangga proyek pengerjaan jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi 3A di Jalan Raya Sholeh Iskandar, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, ambruk, Rabu (10/7/2019).

Dua pekerja kontraktor atas nama Acil (25) dan Hanif (25) dari PT PP (Persero) Tbk menjadi korban dalam kejadian itu.

Baca: Harga Jual Emas Stagnan, Berikut Harga Emas Hari Ini

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Tiang Tol BORR Ambruk, Ini Kata Kontraktor

Editor: Hadi Al Sumaterani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved