Lantik 13 Advokat Aceh, Ini Pesan Sekjen DPP Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia

Irvan juga menegaskan, advokat juga harus dapat membantu masyarakat lemah dalam mendapatkan akses hukum dan dibela secara gratis.

Lantik 13 Advokat Aceh, Ini Pesan Sekjen DPP Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia
FOR SERAMBINEWS.COM
Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah 13 advokat yang tergabung dalam Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI) Aceh di gedung Pengadilan Tinggi (PT) Banda Aceh, Selasa (9/7/2019). 

Lantik 13 Advokat Aceh, Ini Pesan Sekjen DPP Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Sekrataris Jenderal (Sekjen) DPP Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI), Irvan Fahmi SH MH melantik 13 advokat yang tergabung dalam APSI Aceh.

Para advokat yang dilantik tersebut kemudian diambil sumpah oleh Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Banda Aceh, H Djumali SH. Pelantikan dan pengambilan sumpah berlangsung di gedung PT Banda Aceh, Selasa (10/7/2019).

Irvan Fahmi pada kesempatan itu mengingatkan para advokat yang dilantik, bahwa menjadi advokat bukan hanya mengejar profit semata.

Tapi advokat juga harus bisa memastikan keadilan dan kepastian hukum klien, selama penyelidikan hingga putusan di pengadilan.

Baca: Pengacara: Perwira Polisi Diduga Terlibat kasus Penyerangan Novel Baswedan, Pernah Halangi OTT KPK

Baca: OTT di Jakarta Selatan, KPK Tangkap Unsur Hakim, Pengawai PN dan Advokat, Ini Jumlah Uang Disita

Baca: Presiden Diwakili Dua Pengacara Negara, Jawab Gugatan PNS Asal Aceh

Irvan juga menegaskan, advokat juga harus dapat membantu masyarakat lemah dalam mendapatkan akses hukum dan dibela secara gratis.

"Advokat juga harus memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma kepada pencari keadilan yang berasal dari kalangan kurang mampu, kata Irvan seperti disebutkan dalam rilis yang diterima Serambinews.com dari APSI Aceh, kemarin.

Bagi advokat yang tergabung dalam APSI, tambah Irvan, tentunya tidak meninggalkan nilai-nilai keislaman selama beracara dan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca: April Hingga Juni, Bandara SIM Blangbintang Gagalkan Penyelundupan Puluhan Kilogram Ganja dan Sabu

Baca: BREAKING NEWS - Tiga Warga Pidie Disambar Petir saat Duduk di Teras Rumah, Satu Meninggal

Baca: Peternak Ayam di Saptajaya Gugat Datuk Penghulu Rp 1 Miliar

Sementara itu, Ketua DPW APSI Aceh, Barul Ulum SH MH mengatakan, pengambilan sumpah adalah proses terakhir yang harus dilakukan guna memenuhi ketentuan Pasal 4 UU Nomor 18 Tahun 2003 Tentang Advokat.

Ia menambahkan, APSI adalah salah satu organisasi advokat yang tercantum dalam Undang-undang Advokat, yang dapat bersidang di peradilan mana pun di Indonesia.(*)

Penulis: Safriadi Syahbuddin
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved