Banyak Sampah di Krueng Lampaseh, Ini Tanggapan Dinas Kebersihan Kota Banda Aceh

Banyaknya sampah di aliran sungai Lampaseh itu karena sungai tersebut merupakan pecahan atau cabang dari Krueng Daroy yang bermuara di Mata Ie.

Banyak Sampah di Krueng Lampaseh, Ini Tanggapan Dinas Kebersihan Kota Banda Aceh
SERAMBINEWS.COM/M ANSHAR
Sampah di Sungai Lampaseh, Kota Banda Aceh, Kamis (11/7/2019). 

Banyak Sampah di Krueng Lampaseh, Ini Tanggapan Dinas Kebersihan Kota Banda Aceh

Laporan Muhammad Nasir | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Terkait banyaknya sampah yang menumpuk di sepanjang Krueng Doy (krueng Lampaseh), hari ini, Jumat (12/7/2019) tim orange atau tim kebersihan sudah diturunkan untuk membersihkan aliran sungai tersebut.

Menanggapi sorotan Ketua Forum PRB Aceh dan fakta yang ditemukan Serambinews.com di lapangan sebelumnya, Wali Kota Banda Aceh melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh, Ir Jalaluddin mengatakan, selama ini tim kebersihan memang rutin melakukan pembersihan di sungai itu.

Baca: FOTO-FOTO: Sampah Plastik Penuhi Sungai Lampaseh Kota Banda Aceh

Ia menjelaskan, selama tim DLHK3 Banda Aceh memang rutin ditugaskan ke area tersebut.

Katanya, banyaknya sampah di aliran sungai Lampaseh itu karena sungai tersebut merupakan pecahan atau cabang dari Krueng Daroy yang bermuara di Mata Ie, Aceh Besar.

Sehingga, kata Jalaluddin, banyak sampah dari Aceh Besar terbawa oleh arus sungai hingga ke Banda Aceh.

Tumpukan sampah mengakibatkan bau busuk.
Tumpukan sampah mengakibatkan bau busuk. (SERAMBINEWS.COM/M ANSHAR)

Sampah itu akan menumpuk di sekitar pintu air Lampaseh. Namun setiap ada tumpukan sampah, biasa tim orange langsung diturunkan untuk melakukan pembersihan.

"Namun walau bagaimana pun tim kebersihan berkerja setiap saat, kalau masyarakatnya masih membuang sampah sembarangan ke sungai, maka tetap saja sungainya penuh sampah," ujar Jalaluddin.

Baca: Sampah di Krueng Lampaseh, Ketua Forum PRB Aceh: Wali Kota jangan hanya ‘Perang’ Sampah di Media

Sehingga DLH3 mengajak warga Banda Aceh dan Aceh Besar, khusunya yang tinggal di sepanjang aliran sungai supaya tidak membuang sampah ke sungai.

Sebelumnya, Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-PRB) Aceh, Nasir Nurdin menanggapi foto-foto sampah yang direkam Serambinews.com, Kamis (11/7/2019) di aliran sungai tersebut.

Aliran sungai di kawasan lampaseh yang dipenuhi sampah plastik, Kamis (11/7/2019).
Aliran sungai di kawasan lampaseh yang dipenuhi sampah plastik, Kamis (11/7/2019). (SERAMBINEWS.COM/M ANSHAR)

Ia mengatakan, foto yang dilansir Serambinews.com tentang hamparan sampah--termasuk sampah plastik--di sungai perbatasan Lampaseh Aceh, Kecamatan Meuraxa dengan Lampaseh Kota, Kecamatan Kutaraja mengindikasikan betapa seruan perang sampah yang disuarakan Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman masih sebatas slogan dan pencitraan di media massa.(*)

Penulis: Muhammad Nasir
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved